Liang Lahad untuk Jenazah Wismoyo Arismunandar Satu Kompleks dengan Soeharto

Andika Tarmy - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 12:03 WIB
Penggalian liang lahad Wismoyo Arismunandar di Giribangun
Persiapan pemakaman Jendral TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar di Astana Giribangun, Karanganyar, Kamis (28/1/2021). (Foto: Andika Tarmy/detikcom)
Karanganyar -

Jenazah mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar akan dimakamkam di Astana Giribangun, Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Liang lahad yang disiapkan untuk jenazah Wismoyo satu kompleks dengan makam Presiden ke-2 RI, Soeharto.

"Rencananya, almarhum ditempatkan di selasar Argosari," ujar pengelola Astana Giribangun, Sukirno, di sela persiapan pemakaman, Jumat (28/1/2021).

Pantauan detikcom, lokasi makam Wismoyo, berada satu kompleks dengan makam Soeharto. Namun makam keduanya tidak berada di dalam ruang yang sama.

"Berada di samping ruang utama, tepatnya selasar Argosari sebelah kanan ruang utama. Jadi kalau dari pintu masuk, belok ke kiri," terangnya.

Sukirno menerangkan Wismoyo dimakamkan di samping putranya. Saat ini proses persiapan penggalian liang lahad sedang dirampungkan.

"Ini baru proses penggalian liang," kata dia.

Penggalian liang lahad Wismoyo Arismunandar di GiribangunPenggalian liang lahad Wismoyo Arismunandar di Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (28/1/2021). (Foto: Andika Tarmy/detikcom)

Sukirno mengatakan istri Wismoyo, Siti Hardjanti merupakan adik kandung dari Ibu Tien Soeharto. Atas pertimbangan itulah kenapa mendiang Wismoyo Arismunandar dimakamkan di Astana Giribangun.

"Begini, kan Bu Wismoyo itu adiknya almarhumah Ibu Tien. Sehingga (Wismoyo) dimakamkan di sini," terangnya.

Sukirno bercerita, dirinya baru mendapatkan kabar meninggalnya Wismoyo tadi pagi. Dirinya kemudian melakukan koordinasi dengan keluarga besar di Ndalem Kalitan, Solo.

"Baru dapat kabar tadi pagi. Setelah itu koordinasi dengan keluarga di Kalitan," terangnya.

Sukirno mengatakan dari Jakarta jenazah Wismoyo Arismunandar akan diterbangkan ke Solo lalu perjalanan darat menuju Karanganyar.

"Langsung dibawa ke sini (Astana Giribangun, Matesih)," imbuhnya.

(sip/mbr)