Longsor di Lereng Gunung Merapi, Satu Warga Tewas Tertimbun

Ragil Ajiyanto - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 21:19 WIB
Lokasi kejadian seorang warga tewas tertimbun longsor di Boyolali, Senin (25/1/2021).
Lokasi kejadian seorang warga tewas tertimbun longsor di Boyolali, Senin (25/1/2021). Foto: Istimewa
Boyolali -

Seorang warga ditemukan tewas tertimbun tanah longsor di Boyolali. Lokasi kejadian berada di lereng Gunung Merapi sisi timur.

"Iya, terjadi hujan lebat dengan intensitas tinggi mengakibatkan tanah longsor di atas akses jalan Desa Cluntang, Kecamatan Musuk, Kabupaten Boyolali. Selain itu tanah longsor menimpa satu korban jiwa," kata Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Bambang Sinungharjo, saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (25/1/2021).

Bambang menjelaskan, korban bernama Tarmi (65) warga Desa Cluntang. Peristiwa terjadi sekitar pukul 16.00 WIB tadi. Saat itu korban berjalan kaki hendak pulang ke rumah setelah bekerja dari ladangnya. Kondisi saat itu juga turun hujan.

"Dalam perjalanan tiba-tiba tebing di atas jalan longsor. Korban tidak sempat menyelamatkan diri sehingga tertimbun longsoran," ujar Bambang.

Tebing yang longsor juga menutup sebagian akses jalan. Atas kejadian itu, warga pun segera berdatangan ke lokasi dan menemukan sebagian tubuh korban sudah tertimbun longsor.

Tim SAR dari BPBD Boyolali dan relawan segera datang ke lokasi kejadian. Korban yang ditemukan telah tewas kemudian dievakuasi ke rumahnya.

"Kami dari BPBD juga mengerahkan ekskavator menuju lokasi longsor untuk membersihkan tanah longsor yang menutupi akses jalan," imbuhnya.

Hanya saja, pembersihan longsor yang menutup akses jalan menuju Dukuh Jelok itu tidak bisa dilakukan malam ini. Pembersihan longsoran akan dilakukan besok pagi.

Sementara tanah longsor juga terjadi di wilayah Desa Mriyan, Kecamatan Tamansari, Boyolali. Longsor terjadi di sejumlah titik menuju Dukuh Montong, dan Songgobumi di Desa Mriyan.

Kepala Desa Mriyan, Suwandi, mengatakan tanah longsor menutup akses jalan dan sampai malam ini belum bisa dilalui kendaraan.

"Timur Montong sampai Songgobumi masih tertutup," kata Suwandi kepada detikcom.

Akibatnya warga di tiga Dukuh yaitu Montong, Gumuk dan Songgobumi sementara ini masih terisolir. Karena akses jalan tertutup tanah longsor.

"Sepeda motor bisa sampai Montong," imbuhnya.

(rih/mbr)