Ternyata, Ini Dia Fungsi 'Rumah Kurcaci' di Pantura Rembang

Arif Syaefudin - detikNews
Sabtu, 23 Jan 2021 21:36 WIB
Rumah mungil yang sering disebut Rumah Kurcaci di jalur Pantura Rembang
Rumah mungil yang sering disebut Rumah Kurcaci di jalur Pantura Rembang (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Rembang -

Para pengguna jalan yang melintasi Jalur Pantai Utara (Pantura) Kabupaten Rembang tak asing dengan deretan bangunan yang berdiri di pinggir jalan. Deretan rumah mungil yang sering dikira rumah kurcaci itu ternyata gudang tempat para petani menyimpan tambak garamnya.

Rumah kurcaci ini kerap dijumpai di wilayah Kecamatan Kaliori, Rembang. Bangunan rumah ini dilengkapi kincir angin yang terpasang tak jauh dari bangunan itu, mirip perkampungan kurcaci di negeri dongeng.

Bangunan ini biasa terbuat dari bambu, dan hanya memiliki satu pintu. Uniknya, bangunan ini memiliki ketinggian yang rendah. Rata-rata tinggi bangunan ini hampir sama tinggi dengan tinggi orang dewasa.

Tarso, salah seorang petani garam warga Desa Bogoharjo Kecamatan Kaliori, menyebut gudang penyimpanan garam itu sengaja dibangun rendah untuk meminimalisir terpaan angin dari laut.

"Kan ini bangunan cuma dibuat dari bambu, kalau tinggi nanti berisiko ambruk kalau kena angin kencang. Fungsinya ini hanya untuk menyimpan garam, menimbun garam ketika datang musim penghujan karena tidak bisa berproduksi," terang Tarso saat ditemui detikcom di lokasi, Sabtu (23/1/2021).

Petani garam lainnya, Lilik mengatakan bangunan gudang garam itu sengaja dibuat dengan bahan minimalis untuk menekan pengeluaran. Sehingga akses pintu hanya dibuat satu untuk keluar-masuk menyimpan stok garam.

"Ventilasi sengaja dibuat minim biar nggak mencair garamnya, karena gudang ini kan fungsinya untuk menyimpan stok garam. Memang pendek, tapi kan as bagian tengahnya tinggi, cukup biasanya motor keluar masuk, bahkan bisa truk masuk, untuk naikin sak garam," jelasnya.

Rumah mungil yang sering disebut Rumah Kurcaci di jalur Pantura RembangRumah mungil yang sering disebut Rumah Kurcaci di jalur Pantura Rembang Foto: Arif Syaefudin/detikcom

Sementara itu, salah seorang wisatawan asal Bandung, Ovy Rahayu mengaku tertarik dengan keberadaan bangunan mungil di tepi Pantura itu. Dia menyebut bangunan rumah itu mirip rumah kurcaci karena pendek.

"Saya kira ini rumah kurcaci, serius. Soalnya kecil, pendek, gentingnya aja bisa kepegang sama kita. Mirip sama yang di farmhouse Bandung, rumah kurcaci ya bentuknya gini," kata Ovy.

(ams/ams)