KPU Tetapkan Petahana Tiwi Sebagai Bupati Purbalingga Terpilih

Vandi Romadhon - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 15:22 WIB
KPU Purbalingga menetapkan pasangan petahana nomor urut 2 Dyah Hayuning Pratiwi-Sudono sebagai pemenang Pilkada 2020, Jumat (22/1/2021).
KPU Purbalingga menetapkan pasangan petahana nomor urut 2 Dyah Hayuning Pratiwi-Sudono sebagai pemenang Pilkada 2020, Jumat (22/1/2021). (Foto: Vandi Romadhon/detikcom)
Purbalingga -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga menetapkan pasangan petahana nomor urut 2 Dyah Hayuning Pratiwi-Sudono sebagai pemenang Pilkada Purbalingga 2020. Penetapan dilakukan melalui rapat pleno penetapan yang dilaksanakan di aula KPU Purbalingga hari ini.

Tiwi ditetapkan sebagai pemenang setelah sebelumnya pada pleno rekap perhitungan suara dirinya dinyatakan unggul dengan perolehan 288.741 suara atau 54.74 persen. Sementara lawannya pasangan nomor urut 1 Muhammad Sulhan Fauzi-Zaini Makarim meraih 238.735 suara atau 45.26 persen.

"Sebelumnya KPU Purbalingga telah menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara, selanjutnya sebagai tindak lanjut maka hari ini akan melaksanakan penetapan dalam rapat pleno terbuka," kata Ketua KPU Purbalingga Eko Setyawan kepada wartawan di aula KPU Purbalingga, Jumat (22/1/2021).

Selanjutnya KPU akan mengajukan kepada DPRD Kabupaten Purbalingga untuk diproses pelantikannya dengan diusulkan ke Presiden melalui Gubernur Jawa Tengah. Sebab, jelas Eko, penetapan pasangan calon terpilih merupakan akhir dari tahapan Pilkada Purbalingga tahun 2020 yang dilaksanakan oleh KPU.

Eko menjelaskan dasar penetapan adalah surat dari Mahkamah Konstitusi RI nomor 165/Pan.MK/01/2021, tanggal 20 Januari 2021, dan surat KPU RI, nomor 60/PI.02.7-SD/03/KPU/I/2021, tanggal 20 Januari 2021.

Tampak Bupati Purbalingga terpilih Tiwi yang merupakan petahana hadir dalam acara tersebut. Sedangkan perwakilan paslon nomor 1 yang hadir yakni Zaini Makarim Supriyatno. Acara penetapan bupati dan wakil bupati terpilih ini hanya dihadiri oleh Bawaslu, dan seluruh perwakilan parpol pengusung peserta Pilkada 2020.

Saat ditemui setelah agenda Pleno, Dyah Hayuning Pratiwi atau Tiwi mengaku bersyukur karena perjuangannya dalam mengikuti kontestasi Pilbup Purbalingga 2020 berjalan lancar. Dia menyampaikan rasa terima kasih atas kerja penyelenggara Pilkada Purbalingga baik KPU dan Bawaslu.

"Terima kasih kepada pihak penyelenggara pemilu baik KPU Purbalingga maupun Bawaslu yang telah menggelar proses demokrasi dengan baik dan berjalan lancar," kata Tiwi.

Selanjutnya Tiwi menyampaikan harapannya agar kemenangan di Pilkada 2020 yang diraihnya diridai dan membawa manfaat serta kebaikan bagi seluruh masyarakat Purbalingga.

"Mohon doa dan dukungannya dari seluruh masyarakat Purbalingga agar kita bisa berjuang bersama-sama, bergerak bersama membangun Kabupaten Purbalingga lebih baik lagi," pungkasnya.

Lihat juga video 'Komisi II Cium Ego Sektoral dari KPU-DKPP':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/rih)