KPU Tetapkan Petahana Hendi-Ita Paslon Terpilih Pilkada Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 18:51 WIB
Paslon Hendrar Prihadi- dan Hevearita Gunaryanti Rahayu (Hendi-Ita) kembali ditetapkan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang. Keduanya kembali memimpin Semarang perioade 2021-2024
Paslon Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu (Hendi-Ita) kembali ditetapkan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang. (Foto: Angling/detikcom)
Semarang - Pasangan petahana Kota Semarang Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu (Hendi-Ita) kembali ditetapkan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan keduanya kembali memimpin Semarang untuk periode kedua yakni 2021-2024.

"Ya alhamdulillah, saya sama mbak Ita hari ini mengikuti tahapan dari KPU yaitu penetapan calon wali kota dan calon wakil wali kota terpilih, dan di situ semua jadi jelas, karena disebutkan hasilnya baik partisipasinya maupun persentase yang memilih dan jumlah secara total disebutkan," kata Hendi usai rapat pleno KPU Kota Semarang di Hotel Pesonna, Jalan Depok, Kota Semarang, Kamis (21/1/2021).

Dalam Pilkada 2020 Kota Semarang ini Hendi-Ita meraih suara 716.693 suara atau 91,56 persen melawan kotak kosong. Hendi mengaku bersyukur tingkat partisipasi warga Semarang tinggi meski Pilkada digelar saat masa pandemi.

"Alhamdulillah dengan tadi disebutkan KPU tingkat partisipasi masyarakat 68,3 persen itu rekor di Pilwalkot dan yang memilih kita itu mencapai 716 ribu atau 91,6 persen. Terima kasih mudah-mudahan hal yang sudah kita jalankan ini berjalan lancar dan biak," ucap Hendi.

Hendi pun bertekad untuk memprioritaskan semua program. Terutama program peningkatan ekonomi agar masyarakat segera bangkit dari pandemi COVID-19.

"Semuanya jadi prioritas, terutama untuk kita bisa bangkit dari keterpurukan karena pandemi COVID-19, dari sisi medis harus disentuh. Namun di satu sisi kita tidak boleh membuat ekonomi mati. Maka kami siapkan kebijakan agar ekonomi tetap jalan, tapi dengan prokes," tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom atau Nanda mengatakan partisipasi pemilih pada Pilwalkot kali ini mencatat hasil terbaik sepanjang sejarah Pemilihan Wali Kota Semarang.

"Ini merupakan Pilkada dengan partisipasi terbaik sepanjang sejarah Kota Semarang melaksanakan Pilkada," puji Nanda.

Dia juga mengapresiasi partisipasi warga Kota Semarang yang antusias memeriahkan Pilkada 2020.

"Ini merupakan prestasi saya kira. Yang justru oke dan keren adalah masyarakat pada akhirnya tetap mau datang ke TPS menyalurkan hak pilih dan yang paling penting mereka mau mematuhi protokol kesehatan," ucap Nanda. (ams/sip)