Janji Gibran Rakabuming Setelah Nanti Dilantik Jadi Wali Kota Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 17:13 WIB
Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa resmi ditetapkan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih, Kamis (21/1/2021).
Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa resmi ditetapkan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih, Kamis (21/1/2021). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo -

Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa resmi ditetapkan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih. Gibran menjanjikan sejumlah program ketika sudah menjabat Wali Kota Solo.

Namun, Gibran enggan membocorkan secara detail program-programnya itu. Secara garis besar, Gibran ingin melakukan percepatan pemulihan ekonomi dengan tetap memperhatikan aspek kesehatan di Kota Solo.

"Nanti ada (program-program), tapi kita tidak bisa bocorkan di sini. Tapi yang jelas kita fokus pada percepatan pemulihan ekonomi. Itu yang nanti jadi fokus kita," kata Gibran usai penetapan Wali Kota Solo terpilih di Swissbel Hotel Gilingan, Kamis (21/1/2021).

Terkait kesehatan, Gibran mengaku akan mengawal vaksinasi COVID-19 agar berjalan sukses. Menurutnya, vaksinasi bisa menjadi kunci dan mengubah kondisi saat ini.

"Masalah kesehatan, vaksinasi juga kita kawal. Harapannya vaksinasi jadi game changer," ujar dia.

Terkait vaksin untuk dirinya yang segera menjadi Wali Kota Solo, Gibran mengaku belum mengetahui. Namun putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menegaskan dirinya kini masih sebagai warga biasa.

"Vaksin yang diprioritaskan nakes, TNI, Polri dan semua yang fokus dalam pelayanan publik. Saya ini kan masih warga biasa. ya nanti, nanti, belum divaksin," katanya.

Adapun dengan penetapan dirinya sebagai Wali Kota Solo terpilih, Gibran mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak. Menurutnya, seluruh lapisan masyarakat akan menjadi rekan kerjanya untuk memajukan Kota Solo.

"Mohon doa dan dukungannya, ini jadi momen kebangkitan Kota Solo dalam masa pandemi COVID-19," ujar Gibran.

Diberitakan sebelumnya, pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa resmi ditetapkan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih. Penetapan dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang digelar KPU Solo, hari ini.

Hal tersebut dituangkan dalam berita acara yang dibacakan oleh Ketua KPU Solo Nurul Sutarti. Disebutkan bahwa Gibran-Teguh menang dengan perolehan 86,54 persen suara.

"Menetapkan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta dalam Pemilihan Wali Kota Surakarta 2020 nomor urut 1 dengan perolehan 225.451 suara atau 86,54 persen dari total suara sah sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih," kata Nurul, Kamis (21/1).

(rih/sip)