Heboh Batu Bara Berhamburan di Pantai Sekembu Jepara

Dian Utoro Aji - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 15:47 WIB
Warga mengambil batu bara yang berhamburan di Pantai Sekembu, Jepara, Selasa (21/1/2021)
Warga mengambil batu bara yang berhamburan di Pantai Sekembu, Jepara. (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Jepara -

Warga berbondong-bondong mengambil batu bara yang berhamburan di sepanjang Pantai Sekembu, Desa Mulyoharjo, Jepara, Jawa Tengah. Batu bara ini tersebar di area pantai sejak dua pekan terakhir.

Pantauan di lokasi, Kamis (21/1/2021) sekitar pukul 11.00 WIB, warga tampak memunguti batu bara di sepanjang Pantai Sekembu. Batu-bara itu kemudian dimasukkan ke karung maupun kantong plastik yang telah mereka bawa.

Salah seorang warga Pujihartono mengatakan dua pekan belakangan ini banyak batu bara berhamburan di Pantai Sekembu. Dia sengaja mengambil batu bara tersebut untuk dijual.

"Setengah bulan banyak batu bara yang berhamburan. Ini ambil kalau laku bisa dijual. Sudah dapat lumayan, kira-kira tiga ton," kata Pujihartono saat ditemui di lokasi, Kamis (21/1/2021).

Puji mengatakan temuan batu-bara di Pantai Sekembu Jepara baru pertama kali ini ditemukan. Dia menduga banyaknya batu bara ini karena ada kapal tongkang yang terhempas gelombang laut sehingga muatannya tumpah dan terseret sampai ke tepi pantai.

"Baru pertama kali. Informasinya tongkang ditarik ke sini, lambungnya bocor. Ada gelombang besar. Lalu batu bara tumpah. Batu bara terus diambil warga," jelas Puji.

Hal senada juga disampaikan Miskan. Dia mengaku mengumpulkan batu bara di Pantai Sekembu untuk dijual.

"Saya ambil kalau nanti laku bisa dijual. Ini sudah dapat empat karung lebih. Ini banyak batu bara sejak dua minggu ini," ujar Miskan saat ditemui siang ini.

Terpisah, Kepala Syahbandar Jepara Dimyati mengatakan temuan batu bara itu sudah ada sejak dua pekan terakhir. Dia menduga batu bara ini merupakan muatan kapal tongkang yang terhempas ombak sehingga muatannya tumpah.

"Kondisi cuaca, besar kemungkinan mereka dihempas oleh angin kemudian beberapa muatan terhempas keluar. Tetapi porsinya tidak banyak. Faktanya armada tersebut tidak ada laporan kepada kami. Kami juga melakukan penelusuran armada kapal itu, tapi sudah tidak ada di perairan Jepara," kata Dimyati saat dihubungi wartawan siang ini.

Warga mengambil batu bara yang berhamburan di Pantai Sekembu, Jepara, Selasa (21/1/2021)Warga mengambil batu bara yang berhamburan di Pantai Sekembu, Jepara, Selasa (21/1/2021) (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)

Dimyati mengatakan batu baru yang muntah ini diperkirakan muatan kapal tongkang tujuan Tayu Pati. Dimyati mengatakan batu bara ini bukan milik dari PLTU Jepara.

"Kalau yang itu batu bara, laporan ini bukan ke Jepara. Itu kemungkinan besar pelayaran ke Tayu, Pati, batu bara si kapal lanjut dan bukan berlindung di Jepara," terang Dimyati.

(ams/sip)