Gunungkidul Diguncang Gempa M 5, BPBD: Tidak Ada Laporan Kerusakan

Pradito Rida Pertana - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 09:23 WIB
Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Foto: Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Gunungkidul -

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 5,0 terjadi di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pagi tadi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul menegaskan hingga saat ini tidak ada laporan kerusakan.

"Hasil dari pantauan dan laporan dari beberapa lokasi masih mandali (aman terkendali)," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gunungkidul Edy Basuki kepada detikcom pagi ini juga, Rabu (20/1/2021).

Menurutnya, hal itu karena titik guncangan berada cukup jauh dari pesisir Pantai Selatan Gunungkidul. Terlebih, Edy menyebut tidak ada laporan terkait masyarakat yang merasakan gempa tersebut.

"Dari peta guncangan juga aman, dan tidak ada yang laporan terkait masyarakat yang merasakan getaran," ujarnya.

Kendati demikian, Edy tetap meminta masyarakat untuk waspada ketika merasakan gempa. Seperti halnya langsung keluar dari bangunan yang ditempati atau berlindung di bawah meja.

Diberitakan sebelumnya, berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa di Gunungkidul terjadi pada Rabu (20/1/2020) pada pukul 03.10 WIB. Titik gempa berada di 9,04 lintang selatan dan 110,51 bujur timur.

"116 km barat daya Gunung Kidul, DIY," tulis BMKG seperti dilihat detikcom, Rabu (20/1/2020).

BMKG menyebut titik gempa berada di laut dengan kedalaman 17 km. "Tidak berpotensi tsunami," katanya.

(mbr/mbr)