Toko Elektronik di Klaten Ludes Dilalap Api

Achmad Syauqi - detikNews
Sabtu, 16 Jan 2021 09:54 WIB
Tim pemadam kebakaran Pemkab Klaten memadamkan api di toko elektronik, Sabtu (16/1/2021).
Tim pemadam kebakaran Pemkab Klaten memadamkan api di toko elektronik, Sabtu (16/1/2021). Foto: Achmad Syauqi/detikcom
Klaten -

Sebuah toko elektronik di Jalan Klaten-Boyolali, Desa Kahuman, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten, ludes terbakar. Api diduga berasal dari korsleting di toko milik Suharyanto (42) tersebut.

"Api diduga dari arus pendek listrik. Diketahui pertama pukul 05.00 WIB," kata Kapolsek Klaten Utara AKP Sugeng Handoko di lokasi kejadian, Sabtu (16/1/2021).

Menurut Sugeng, kejadian pertama kali diketahui seorang saksi yang sedang menyapu. Sesaat kemudian saksi mendengar suara benda terbakar dari seberang jalan.

"Saksi mendengar suara keretek-keretek. Saksi mencari sumber suara tersebut dan berasal dari dalam toko elektronik dan ada percikan api disertai kepulan asap," jelas Sugeng.

Saksi kemudian berteriak minta tolong dan warga berdatangan ke lokasi. Sebagian menghubungi pemadam kebakaran Pemkab Klaten.

"Saksi berteriak ada kebakaran kemudian warga keluar. Warga menghubungi Damkar dan memberitahukan kepada pemilik toko," kata Sugeng.

Proses pemadaman berlangsung sekitar satu jam dan api benar-benar sudah padam pukul 05.45 WIB.

"Kerugian ditaksir mencapai Rp 400 juta. Adapun kejadian kebakaran tersebut diduga diakibatkan oleh hubungan pendek arus listrik," pungkas Sugeng.

Pantauan detikcom di lokasi kejadian, di dalam toko yang berada di tepi jalan besar itu tinggal menyisakan sisa benda terbakar. Beruntung api tidak merembet meskipun di kanan dan kiri ada toko lain. Hanya toko roti di sisi utara yang berjelaga tetapi tidak ikut terbakar.

(rih/rih)