Pergi Cari Ikan, Seorang Nelayan di Gunungkidul Ditemukan Tewas

Pradito Rida Pertana - detikNews
Sabtu, 16 Jan 2021 08:40 WIB
Tim SAR saat mengevakuasi korban di Pantai Kapen, Kapanewon Tanjungsari, Gunungkidul, Sabtu (16/1/2021).
Tim SAR saat mengevakuasi korban di Pantai Kapen, Kapanewon Tanjungsari, Gunungkidul, Sabtu (16/1/2021). Foto: Dok. SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul
Gunungkidul -

Tim SAR Satlinmas wilayah II Gunungkidul menemukan seorang nelayan, Sastro Wiyono (65), meninggal di Pantai Kapen, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Warga Tanjungasari ini sebelumnya dilaporkan hilang saat mencari ikan, Jumat (15/1) dini hari.

Koordinator SAR Satlinmas wilayah II Gunungkidul, Marjono, menjelaskan awal mula Sastro dan tiga rekannya mencari ikan Jumat (15/1) dini hari di Pantai Kepen. Namun selang beberapa jam Sastro tak kunjung kembali ke titik kumpul.

"Beberapa orang kemudian mencoba mencari korban tetapi tidak membuahkan hasil. Mereka hanya menemukan senter dan jala yang mengapung di sekitar perairan pantai Kapen," kata MArjono saat dihubungi wartawan, Sabtu (16/1/2021).

Oleh sebab itu, warga melaporkannya ke Tim SAR. Mendapatkan laporan, petugas SAR langsung melakukan koordinasi dengan warga dan pihak keluarga yang berlanjut dengan proses pencarian.

"(Pencarian) Malam tadi belum membuahkan hasil, dan tadi pencarian dimulai lagi pukul 04.00 WIB. Setelah hampir dua jam pencarian, tim SAR menemukan korban dengan kondisi meninggal dunia di bebatuan karang, tepatnya di sisi timur dari lokasi hilangnya," ujarnya.

Dia melanjutkan, Sastro ditemukan sekitar satu kilometer dari lokasi hilangnya kemarin. Menurutnya saat ini jenazah telah dibawa ke rumah duka untuk disemayamkan.

Marjono pun mengimbau kepada nelayan untuk mengedepankan keamanan saat mencari ikan. Seperti halnya dengan menggunakan pelampung atau peralatan pendukung lainnya.

"Kami terus memberikan imbauan kepada nelayan untuk mengedepankan keamanan saat mencari ikan. Semua itu agar kejadian serupa tidak terulang kembali," ucapnya.

Simak juga video '4 Nelayan Asal Sumut Selamat Usai Kapal Tenggelam Dihantam Badai':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/rih)