Berduka, Ganjar Kenang Pertemuannya dengan Syekh Ali Jaber di Purbalingga

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 14 Jan 2021 13:56 WIB
Ali Saleh Mohammed Ali Jaber
Syekh Ali Jaber (Foto: Lintang Jati Rahina / 20detik)
Semarang -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berduka atas meninggalnya Syekh Ali Jaber. Ganjar terkenang peristiwa yang membuatnya menjadi dekat dengan pendakwah kelahiran Madinah itu.

"Kebetulan saya kenal baik sama beliau secara pribadi. Jadi saya masih ingat, suatu ketika ada pengajian di Purbalingga dan beliau tidak bisa mendapatkan tiket balik ke Jakarta," kata Ganjar di rumah dinasnya, Semarang, Kamis (14/1/2021).

Ganjar tidak menyebut detail peristiwa tersebut. Namun, saat berada di Purbalingga itu dia mengaku ditelepon panitia acara pengajian untuk mencarikan tiket ke Jakarta.

"Nah pada saat itu saya lagi di Purbalingga, terus panitia menghubungi saya terus. Saya teleponkan, kita carikan tiket dapat," ujarnya.

Setelah itu, ternyata Syekh Ali Jaber ingin bertemu Ganjar. Dari pertemuan itu, kata Ganjar, dia menjadi akrab dengan Syekh Ali Jaber.

"Lalu beliau ketemu saya, ngobrol dengan saya banyak sekali, kasih nomor telepon, kasih nomor telepon saudaranya di Madinah. Pak Ganjar nanti kalau umroh, naik haji, tolong mampir ke rumah saya di Madinah. Saya nggak pernah lupa cerita itu," kenang Ganjar.

Politikus PDIP itu juga pernah berniat mampir ke rumah Syekh Ali Jaber ketika sedang berada di Madinah. Namun ternyata yang Syekh Ali Jaber justru sedang berada di Pekalongan.

"Tapi ternyata saat ditelepon beliau sedang di Pekalongan. Ya akhirnya kita saling sapa saja dari cerita itu," cerita Ganjar.

Ganjar mengaku berduka mendengar kabar Syekh Ali Jaber meninggal. Dia menyebut banyak ucapan-ucapan Syekh Ali Jaber yang menenangkan.

"Beliau tokoh yang baik. Menurut saya orang yang luar biasa dalam beberapa kondisi Indonesia hari ini, bisa memberikan pernyataan-pernyataan yang menenangkan. Mudah-mudahan Allah mengampuni dosa-dosanya dan husnul khotimah," harap Ganjar.

Sebelumnya diberitakan, Syekh Ali Jaber meninggal dunia dalam kondisi negatif Corona. Sebelum meninggal, Syekh Ali Jaber sempat dirawat selama 19 hari di RS Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta.

Tonton video 'Syekh Ali Jaber: Bagi Saya Istirahatnya di Surga':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)