Solo dan Semarang Prioritas Dapat Vaksin COVID-19 Pertama, Kenapa?

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 15:05 WIB
Puskesmas Kelurahan Cilincing 1,Jakarta Utara, menggelar simulasi pemberian vaksin Sinovac, Selasa (12/1). Simulasi ini untuk memastikan kesiapan proses vaksinasi dan tenaga medis di puskesmas.
Simulasi pemberian vaksin Sinovac di Jakarta (Foto: Pradita Utama)
Semarang -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan vaksinasi virus Corona atau COVID-19 tahap pertama diprioritaskan untuk tiga daerah. Ketiga daerah itu yakni Kota/Kabupaten Semarang, dan Solo. Kenapa?

"Vaksin diprioritaskan di tiga daerah karena jumlahnya terbatas. Maka kita mulai dari Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Surakarta (Solo) dulu. Nanti kan tambahannya akan jalan terus," kata Ganjar saat ditemui di kantor Gubernur Jawa Tengah, Kota Semarang, Selasa (12/1/2021).

"Maka dengan hari pertama insyaallah besok di tanggal 14 kita mulai maka kita akan berikan nakes di situ dulu," sambungnya.

Dari hitungannya, Ganjar menyebut akan ada 8 ribu dosis vaksin Corona lagi yang bakal dikirim untuk tenaga kesehatan (nakes) di daerah lain di Jawa Tengah.

"Itu nanti hitungan kita masih ada sekitar 8 ribuan. Nah itu nanti akan kita pakai untuk nakes-nakes yang memang daerahnya sangat membutuhkan, misal setelah itu bisa Banyumas atau daerah-daerah yang kemarin cukup rawan," ujarnya.

Untuk diketahui, sebanyak 62.560 dosis vaksin Corona Sinovac telah tiba di Jateng. Saat ini vaksin COVID-19 itu disimpan di gudang penyimpanan milik Dinas Kesehatan Provinsi.

Setelah izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) keluar, vaksin Corona itu segera akan didistribusikan. Namun, Ganjar belum memastikan kapan distribusi vaksin itu dimulai.

"Belum dikirim, keputusan (BPOM) kan baru kemarin. Hari ini manajemen masih dipersiapkan. Dari tiga daerah itu delivery yang agak jauh nanti cuma Surakarta (Solo). Masih disiapkan oleh Dinkes apakah dikirim per hari ini atau nanti H-1," ucap Ganjar.

(ams/rih)