Jembatan KA di Brebes Putus, Perjalanan KA Putar Jalur hingga Batal

Arbi Anugrah - detikNews
Selasa, 12 Jan 2021 08:39 WIB
Banyumas -

Sebuah jembatan Kereta Api (KA) di Desa Tonjong, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes dilaporkan terputus, Senin (11/1) malam. Jembatan yang melewati Sungai Glagah tersebut putus karena tergerus banjir.

Pejabat yang menjalankan tugas (PYMT) Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Hendra Wahyono mengatakan kejadian pada Senin pukul 17.45 WIB. Informasi tersebut didapat dari Petugas Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) Stasiun Linggapura ke Pusat Pengendali KA Daop 5 Purwokerto bahwa ada gogosan di Jembatan No BH 1120 Km 305+5/6 jalur hulu antara Linggapura-Bumiayu.

Setelah menerima informasi adanya gangguan perjalanan KA, petugas segera melakukan tindakan pengamanan. Dalam pemantauan lokasi tersebut, pihaknya dilengkapi pula adanya Pos Jaga PDR, lampu penerangan dan alat komunikasi.

"KA terdekat saat itu adalah KA 2728 dan BLB di Stasiun Linggapura. Pusat Pengendali KA segera menghubungi petugas di lapangan dan dilakukan pemantauan terhadap gerusan lantai hidrolika sungai oleh QC JJ 5.1 Purwokerto, Sk 3.3 Bumiayu, Kaur Jrk 5.1 Purwokerto dan lokasi dijaga oleh Petugas Daerah Rawan dalam waktu 24 jam," paparnya dalam keterangan kepada wartawan, Selasa (12/1/2021).

Dia mengungkapkan, akibat kejadian tersebut beberapa perjalanan KA terganggu. Sehingga dilakukan perjalanan memutar melalui Kroya-Bandung-Cikampek. Ada juga perjalanan KA yang dibatalkan.

Saat ini, lanjut dia, petugas terus melakukan normalisasi dengan melakukan pemeriksaan kondisi kedudukan konstruksi pilar aman atau tidak. PT KAI tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan perjalanan KA, beserta penumpang dan barang yang diangkutnya.

(mbr/mbr)