BMKG: Waspada Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi di Yogyakarta

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Sabtu, 09 Jan 2021 08:33 WIB
Proses penataan kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta, telah rampung dilakukan. Kawasan itu kini kian setelah bebas dari kabel melintang. Berikut potretnya.
Tugu Pal Putih, Yogyakarta. (Foto: Pius Erlangga/detikcom)
Yogyakarta -

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan diguyur hujan hari ini. BMKG juga memberi peringatan dini gelombang tinggi pesisir selatan Yogyakarta.

"Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Sleman, Kulon Progo, Bantul bagian timur, Gunungkidul utara dan Kota Yogyakarta, serta potensi gelombang laut tinggi di perairan selatan Yogyakarta," tulis BMKG dalam keterangan resminya, Sabtu (9/1/2021).

BMKG memaparkan kondisi cuaca Yogyakarta pada pagi hari berawan. Sedangkan pada siang hingga sore hari terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terjadi di Sleman, Kulon Progo, Bantul bagian timur, Gunungkidul utara dan Kota Yogyakarta.

Kemudian, pada malam hari terdapat potensi hujan dengan intensitas sangat ringan hingga ringan di Gunungkidul, Bantul dan Kulon Progo selatan. Selanjutnya, saat dini hari berawan.

Lebih lanjut, suhu udara di DIY berkisar antara 22 hingga 31 derajat celsius dengan kelembapan udara mencapai 65 hingga 95 persen.

Angin bertiup dari arah barat dengan kecepatan maksimum 30 km per jam. Kemudian, prakiraan tinggi gelombang di perairan selatan Yogyakarta berkisar antara 2,5 hingga 4,0 meter atau masuk kategori tinggi.

Tonton video 'Fenomena Iklim Global La Nina Masih Pengaruhi Indonesia hingga 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/sip)