Pemda: DIY Bakal Terima 1,2 Juta Vaksin Corona

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 04 Jan 2021 14:11 WIB
Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji, Senin (4/1/2021).
Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji, Senin (4/1/2021). (Foto: Pradito Rida Pertanna/detikcom)
Yogyakarta -

Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) mengaku belum mengetahui kapan DIY akan menerima vaksin virus Corona atau COVID-19. Namun DIY disebut akan menerima 1,2 juta dosis vaksin dan sekitar 6.000 diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes).

"Saya belum tahu sudah dikirim apa belum, tapi sampai jam ini saya belum dapat laporan terkait pengiriman itu (vaksin COVID-19)," kata Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji saat ditemui wartawan di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Senin (4/1/2021).

Aji mengaku belum bisa memastikan kapan DIY akan mendapatkan vaksin COVID-19. Namun Dinas Kesehatan DIY sudah mempersiapkan gudang berpendingin yang akan aman dipakai untuk menyimpan vaksin.

"Rencana kita mau dikasih 1,2 (juta dosis). Penduduk DIY, 3,8 juta tapi anak-anak lansia tidak. Tapi ada keterangan Pak Menteri (Kesehatan) saat jumpa pers katanya ada produk vaksin dari bukan Sinovac diuji klinis untuk lansia dan sampai sekarang belum ada update-nya," katanya.

"Kalau untuk nakes cukup, kebutuhan nakes kita 6 ribu sekian," lanjut Aji.

Diberitakan sebelumnya, vaksin COVID-19 Sinovac yang didistribusikan ke Jawa Tengah sudah tiba di gudang farmasi Dinas Kesehatan Jawa Tengah dini hari tadi. Dalam tahap ini Jateng menerima 62.560 dosis vaksin untuk COVID-19 tersebut.

Vaksin dibawa dengan beberapa truk, dikawal ketat dengan mobil baracuda milik kepolisian. Rombongan tiba di gudang yang berada di daerah Tambakaji, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang itu pada pukul 03.00 WIB.

Kapolsek Ngaliyan Kompol R Justinus yang ikut melakukan pengamanan di lokasi mengatakan dalam satu truk ada 32 karton berisi vaksin. Total vaksin yang dibawa 62.560 vaksin.

Simak video 'Pekan Depan Vaksinasi Dimulai, Tapi...':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/mbr)