Kesaksian Warga Saat Wawan di Tegal Gali Kubur untuk Dirinya Sendiri

Imam Suripto - detikNews
Minggu, 03 Jan 2021 21:49 WIB
aksi kubur diri pemuda di tegal
Aksi kubur diri pemuda di Tegal. (Foto: Tangkapan layar video viral)
Kota Tegal -

Wawan Febriyanto (23) menggali lubang di pemakaman di Kota Tegal, Jateng, lalu masuk ke dalamnya untuk mengubur dirinya sendiri. Menurut warga yang menyaksikan. Wawan menggali sendiri lubang tersebut tanpa alat apapun.

Wawan Febriyanto menggali lubang sebuah pemakaman di Debong Kidul, Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal, Rabu (30/12/2020) lalu, sekitar pukul 08.00 WIB. Karena lokasi makam tersebut bersebelahan dengan pasar kampung, sehingga aksinya segera diketahui warga.

Bahkan sebelum melakukan aksinya, pemuda warga RT 04 RW 07 Desa Kepandean, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal, itu sempat duduk-duduk di salah satu warung yang letaknya jauh jauh dari makam tersebut.

Tarsumi (47), pemilik warung ayam potong tidak jauh dari lokasi makam, memberikan kesaksian. Sebelum tindakan aneh tersebut, Wawan sempat duduk di warungnya. Kepadanya, Wawan mengatakan bahwa dia sebelumnya pernah meninggal tapi dihidupkan lagi oleh Tuhan. Karena itu, dia ingin kembali lagi ke alamnya.

"Dia malah pergi ke makam terus menggali tanah sendiri pakai tangan. Nggalinya cepat, tidak sampai setengah jam dalamnya sudah sekitar 70 centimeter, terus langsung berbaring di situ seperti orang dikubur," terang Tarsumi kepada wartawan, Minggu (3/12/2021).

Ulah nyleneh Wawan ini kemudian diketahui warga. Setelah berhasil dibujuk, akhirnya Wawan dievakuasi dan dimandikan. Kejadian ini kemudian dilaporkan ke Polsek Tegal Selatan. Oleh petugas Polsek Tegal Selatan diantar ke alamat orang tua di Kepandean, Dukuhturi, Kabupaten Tegal.

Saat ditanya, pemuda tersebut beralasan menggali kubur karena mendapat bisikan dan ingin kembali ke alamnya. Dia mengaku sudah meninggal dan dihidupkan kembali oleh Tuhan.

"Aku pan balik maring alame aku (aku mau pulang ke alam saya)," ujar Babinsa Debong Kidul, Darsim, menirukan ucapan Wawan sesaat setelah berhasil dievakuasi. Darsim adalah yang berhasil membujuk Wawan untuk mengurungkan niatnya.

(mbr/mbr)