Ambil Paksa Jenazah Corona, Massa Juga Rusak Alat-alat di Bangsal RSUD Brebes

Imam Suripto - detikNews
Sabtu, 26 Des 2020 19:43 WIB
Massa geruduk RSUD Brebes untuk mengambil paksa jenazah pasien Corona, Sabtu (26/12/2020).
Kondisi lobi RSUD Brebes usai dirusak massa yang ambil paksa jenazah pasien virus Corona. (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Segerombolan warga menggeruduk RSUD Brebes, Jawa Tengah untuk mengambil paksa jenazah pasien positif virus Corona atau COVID-19 hari ini. Tak hanya itu, massa juga merusak sejumlah benda di lobi dan bangsal rumah sakit tersebut.

Pantauan detikcom di RSUD Brebes, Sabtu (26/12/2020) siang tadi, pintu utama yang berupa kaca jebol. Sedangkan pecahan kaca ada di mana-mana.

Pasca kejadian ini, petugas langsung melakukan pembersihan. Mereka menyingkirkan serpihan kaca yang tercecer di lantai.

Sejumlah tempat sampah yang ada di lobi juga tampak rusak. Kepala Bagian Umum RSUD Brebes, Wijayanto, mengatakan tidak hanya di lobi, massa juga merusak alat-alat di dalam bangsal RSUD.

"Saat mereka masuk untuk ambil jenazah juga merusak alat-alat di bangsal. Semua sudah diinventarisir dan sudah kami laporkan," ungkap Wijayanto kepada detikcom, sore tadi.

Diwawancara sebelumnya, Direktur RSUD Brebes, Oo Suprana, mengungkap pasien yang jenazahnya diambil paksa merupakan warga Kecamatan Wanasari Brebes. Pasien perempuan itu meninggal dunia pada pukul 03.00 WIB dini hari tadi dengan hasil tes swab positif virus Corona.

"Warga intinya tidak terima pasien ini meninggal karena positif COVID-19. Padahal hasil laboratorium sudah keluar dan memang positif," jelasnya.

"Salah seorang anggota Satpam juga dipukuli oleh mereka," kata Oo.

(sip/sip)