Di Rest Area Tol Batang Ini, Pemudik Bisa Rapid Test Antigen Gratis

Robby Bernardi - detikNews
Kamis, 24 Des 2020 16:53 WIB
Petugas melakukan rapid test antigen kepada pemudik atau pengguna tol di Rest Area 379A Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (24/12/2020).
Petugas melakukan rapid test antigen ke pemudik atau pengguna tol di Rest Area 379A Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (24/12/2020). Foto: Robby Bernardi/detikcom
Batang -

Pemudik atau pengguna tol yang beristirahat di Rest Area 379 A Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, bisa menjalani rapid test antigen secara gratis. Rapid test antigen dilakukan oleh petugas gabungan sebagai antisipasi penyebaran virus Corona atau COVID-19 saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Pantauan detikcom di rest area ini, petugas yang terdiri dari tim kesehatan, Satpol PP Kabupaten Batang dan Provinsi Jateng, serta Dinas Perhubungan berkeliling di rest area. Mereka berjalan ke arah parkiran kendaraan yang baru masuk rest area dan meminta sopir serta penumpang menjalani rapid test antigen di pos kesehatan yang telah disediakan.

Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Kabupaten Batang, Zunuron, mengatakan hingga siang tadi pihaknya telah melakukan sebanyak 52 rapid test antigen kepada para pemudik di Rest Area 379 A. Petugas menggelar rapid test antigen di Rest Area 379 A selama dua hari, yakni Kamis (24/12) dan Sabtu (26/12).

"Hasilnya, alhamdulillah, semuanya nonreaktif. Kita akan melakukan kegiatan yang serupa pada tanggal 26 besok di rest area ini juga," kata Zunuron, Kamis (24/12/2020).

Pihaknya melakukan jemput bola dari mobil ke mobil yang masuk rest area dan meminta para pemudik menjalani rapid test antigen.

Rest Area 379 A hingga siang tadi mulai dipadati pemudik yang menuju ke arah timur (Semarang). Sedangkan dari arah sebaliknya tampak lengang. Sementara itu tampak kendaraan mengantre di SPBU rest area hingga mengular.

Salah satu pemudik dari Lampung, Machmud Nurrohim, mengatakan dia berniat ke Blitar, Jawa Timur. Dia mengaku tidak tahu jika di rest area ada pelayanan rapid test antigen.

"Saat saya parkir mobil, ditawari bapak-bapak petugas untuk rapid antigen. Selama perjalanan dari Metro Lampung, tidak ada, baru masuk rest area ini," kata Machmud.

Machmud mengaku saat berangkat mudik, dirinya tidak tahu harus membawa surat sehat rapid test antigen tersebut.

"Saya baru tahu saat di kapal, bahwa ibu mertua saya mengabari kalau masuk Blitar, harus bawa surat sehat rapid. Bingung juga, alhamdulillah di Batang ini ada. Gratis pula," ujarnya.

Dia berangkat bersama istri dan lima anaknya dari Lampung Rabu (24/12) kemarin. "Alhamdulillah kami bertujuh akhirnya dapat rapid antigen, dengan gratis. Hasilnya juga nonreaktif semua," imbuhnya.

(rih/rih)