Jateng Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Hari Ini, Waspadai Bencana!

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jumat, 18 Des 2020 08:40 WIB
Warga menggunakan payung saat hujan mengguyur Stasiun MRT Dukuh Atas BNI, Jakarta, Kamis (13/8/2020). Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG), meski puncak kemarau terjadi pada Agustus ini, sebagian wilayah Jabodetabek diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang karena adanya fenomena gelombang atmosfer (Rossby Ekuator) di wilayah Indonesia bagian barat. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Ilustrasi hujan. (Foto: ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)
Semarang -

Prakiraan cuaca Jawa Tengah hari ini masih seperti hari sebelumnya yaitu hujan merata. Potensi hujan lebat dan waspada bencana juga masih bisa terjadi hari ini.

BMKG stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang memprakirakan pagi ini umumnya berawan, namun ada potensi hujan ringan di wilayah pesisir di Pantura Timur.

"Siang/sore-awal malam hujan ringan sedang tersebar merata dengan waktu kejadian bervariasi. Hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang tersebar di daerah pegunungan dan dataran tinggi," kata prakirawan, Arif Nurhidayat dalam info cuaca yang diterima detikcom, Jumat (18/12/2020).

"Waspada bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, petir, dan angin kencang," imbuhnya.

Berikut prakiraan cuaca di Jateng hari ini berlaku pukul 07.00-19.00 WIB:

Hujan ringan-sedang:
Cilacap, Kebumen, Purworejo, Wonogiri, Purwodadi, Blora, Rembang, Pati, Jepara, Demak, Kendal, Batang, Pemalang, Brebes, Semarang, dan Pekalongan.

Hujan sedang-lebat:
Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Mungkid, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Kudus, Ungaran, Temanggung, Kajen, Slawi, Magelang, Surakarta, Salatiga, Bumiayu, Majenang, dan Ambarawa.

Tonton video 'Cuaca Dingin Bisa Tingkatkan Potensi Infeksi Virus Corona?':

[Gambas:Video 20detik]



(alg/sip)