Bupati Purbalingga Positif Corona, Suami: Alhamdulillah Saya Negatif

Arbi Anugrah - detikNews
Senin, 14 Des 2020 19:10 WIB
Bupati petahana Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dan wakilnya Sudono mendaftar Pilkada Purbalingga, Jumat (4/9/2020)
Foto: Bupati petahana Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi positif virus Corona (Arbi/detikcom)
Purbalingga -

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, menyatakan dirinya terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19 kemarin. Sementara suami Dyah, Rizal Diansyah, mengungkapkan hasil swab dirinya negatif Corona.

"Alhamdulillah, hasil swab test kemarin bersamaan dengan Bu Tiwi, saya hasilnya negatif," kata Rizal saat dimintai konfirmasi wartawan melalui pesan singkat, Senin (14/12/2020).

Sebelumnya beredar kabar di media sosial jika Rizal turut tertular virus Corona. Pasalnya, selain berinteraksi di rumah, dia kerap terlihat mendampingi istrinya baik dalam kegiatan dinas maupun pemenangan Pilkada 2020.

"Mohon doanya untuk kesembuhan Bu Tiwi, sehingga dapat beraktivitas kembali untuk melayani masyarakat Purbalingga," ujarnya.

Sementara menurut Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Purbalingga, Heriyanto, untuk meminimalisir penyebaran Corona, puluhan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga juga menjalani tes swab massal di kompleks Pendapa Dipakusuma, hari ini.

"Ini kaitannya dengan Ibu Bupati yang dinyatakan positif, maka tentu saja rekan-rekan khususnya ASN yang kebetulan kontak erat dengan beliau sesuai standar supaya di swab semua," kata Heriyanto kepada wartawan.

Dia menjelaskan jika tracing oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) telah dilakukan. Meski demikian dia mengimbau kepada seluruh ASN yang merasa telah melakukan kontak erat untuk berinisiatif melapor ke Dinkes atau swab mandiri.

"Ini harus dilakukan untuk melacak, untuk tracing agar menekan penyebaran virus Corona itu. Kami mengimbau kepada seluruh ASN yang dirasa sempat melakukan kontak erat dengan Ibu Bupati untuk berkoordinasi dengan dinkes, nanti akan diarahkan ke fasilitas kesehatan terdekat yang sedang melakukan swab test," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi terkonfirmasi positif terpapar virus Corona (COVID-19). Hal tersebut diungkapkannya melalui video yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Minggu (13/12) pukul 17.30 WIB.

"Sore hari ini, saya akan menginformasikan kondisi kesehatan saya. Kemarin sore saya pribadi melakukan swab test atau PCR test dikarenakan ada salah satu staf pribadi saya yang sudah terlebih dahulu terkonfirmasi positif COVID-19, dan hari ini hasil dari rumah sakit saya terima dan saya dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19," katanya dalam video yang dikutip detikcom, Senin (14/12) pagi.

(rih/ams)