Gempa Darat M 4,2 Guncang Brebes, Bagaimana Dampaknya?

Imam Suripto - detikNews
Jumat, 11 Des 2020 10:35 WIB
Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Foto: Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Brebes -

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,2 berpusat di darat terjadi di Brebes, Jawa Tengah, pada pukul 05.51 WIB pagi tadi. Getaran gempa ini dirasakan di tiga kecamatan di Brebes.

Kasi Logistik BPBD Brebes, Farid kepada detikcom mengatakan, pusat gempa terjadi di barat daya Kota Brebes. Tiga kecamatan di wilayah barat daya yang merasakan getaran gempa, yakni Bantarkawung, Salem dan Banjarharjo.

"Laporan yang masuk di BPBD, getaran gempa ini dirasakan di tiga kecamatan yakni Bantarkawung, Salem dan Banjarharjo. Bahkan untuk wilayah Brebes utara sama sekali tidak terasa," ungkap Farid di kantornya.

Sejauh ini, lanjut Farid belum ada laporan soal kerusakan akibat gempa tersebut. Menurutnya, warga di tiga kecamatan ini hanya merasakan getaran.

"Skalanya tergolong kecil jadi sampai saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa tadi pagi. Hanya getaran saja, itu pun tidak dirasakan sampai ke wilayah utara," sambung Farid.

Farid menambahkan, hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini terletak pada koordinat 7.07 LS dan 108.87 BT, atau tepatnya berada di barat daya Brebes pada kedalaman 5 kilometer.

Warga yang terdampak gempa khususnya wilayah Salem untuk mewaspadai longsor yang diakibatkan getaran gempa. Setelah kejadian ini, BPBD terus memantau perkembangan di daerah yang terdampak.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan selalu waspada. Jangan terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbuh Farid.

(mbr/sip)