Hampir Separuh DPT Tak Nyoblos, Gibran Menang Telak di TPS Bagyo

Sri Hartono - detikNews
Rabu, 09 Des 2020 15:23 WIB
TPS Bagyo Wahyono
TPS Bagyo Wahyono. (Foto: Sri Hartono/detikcom)
Solo -

Calon Wali Kota Solo dari jalur independen, Bagyo Wahyono, menggunakan hak pilihnya di TPS 8 Kelurahan Penumping, Laweyan, Solo. Perhitungan suara yang dilakukan KPPS menunjukkan di TPS itu Bagyo kalah telak dari rivalnya, Gibran Rakanuming.

Dari 428 orang yang masuk daftar pemilih tetap (DPT), ternyata hanya 248 orang yang datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya.

Dari pemantauan detikcom dari penghitungan suara di lokasi, Rabu (9/12/2020), paslon Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa mendapat 146 suara.

Sedangkan pasangan nomor urut dua Bagyo Wahyono-FX Supardjo hanya mendapat 58 suara.

Total suara tidak sah dari TPS tersebut mencapai angka 45 suara. Dengan angka ini suara tidak sah bahkan nyaris menyamai perolehan suara Bagyo yang merupakan warga setempat.

"Hasil penghitungan pasangan Gibran-Teguh 146 suara, pasangan Bajo dapat 58 suara," kata Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 8 Penumping, Andre Musono, hari ini.

Dengan demikian ada 204 suara sah di TPS tersebut. Sementara surat suara tidak sah ada 45 buah. Total pemilih yang hadir ke TPS ada 249 orang dari 428 Daftar Pemilih Tetap (DPT).

"Jumlah DPT 428 orang, yang datang 249 orang. Rinciannya, 204 suara sah dam 45 suara tidak sah," kata dia.

Artinya ada 179 orang yang tidak hadir di TPS. Jumlah tersebut mencapai 41,8 persen dari jumlah DPT.

"Yang tidak hadir karena banyak yang tidak bisa ditemui, ada yang di Australia, di luar kota, ada yang tidak terlacak," tutupnya.

(mbr/sip)