Ngeri! Lampu Bangjo Ini Bikin Pengendara Berhenti di Tengah Rel KA

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 04 Des 2020 18:03 WIB
Lampu bangjo yang membuat antrean kendaraan berhenti di atas rel kereta api di Klaten, Jumat (4/12/2020).
Lampu bangjo yang membuat antrean kendaraan berhenti di atas rel kereta api di Klaten, Jumat (4/12/2020). Foto: Achmad Syauqi/detikcom
Klaten -

Traffic light atau lampu bangjo di simpang empat Jalan Lingkar Selatan, Klaten, ini bikin ngeri pengguna jalan. Lampu bangjo di sisi barat Stasiun Klaten itu berada persis di depan palang pintu perlintasan kereta api (KA), sehingga kalau lampu merah menyala, ada saja antrean kendaraan yang terhenti di atas rel.

"Lampu menghadap ke utara ke arah jalan yang melintas di atas rel. Jadi kalau lampu menyala merah, antrean kendaraan berhenti di atas rel," kata salah satu pengendara warga Klaten Tengah, Warni, saat ditemui di lokasi, Jumat (4/12/2020).

Warga lainnya, Budi Rahardjo, mengaku heran dengan lampu bangjo tersebut. Menurutnya, lampu bangjo itu membahayakan pengguna jalan.

"Kalau menyala merah kan otomatis warga dari utara yang menyeberang rel harus berhenti. Jika saat berhenti itu ada kereta lewat lalu palang ditutup kan warga bisa celaka," kata Budi.

Budi menyebut bahaya yang sama juga terjadi jika ada warga yang nekat menerobos lampu merah saat ada kereta yang melintas. Sebab dari arah barat dan timur persimpangan jalan pasti menyala lampu hijau.

"Jika nekat, bisa bahaya juga karena dari timur dan barat menyala hijau. Padahal itu jalan besar banyak bus dan truk angkut berat," jelas Budi.

Lampu bangjo yang membuat antrean kendaraan berhenti di atas rel kereta api di Klaten, Jumat (4/12/2020).Lampu bangjo yang membuat antrean kendaraan berhenti di atas rel kereta api di Klaten, Jumat (4/12/2020). Foto: Achmad Syauqi/detikcom

Sementara itu, Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Pemkab Klaten, Suyatno, mengatakan lampu bangjo itu baru dipasang tahun ini. Namun dia tak mengetahui persis waktunya karena pengadaan oleh Kementerian Perhubungan.

"Kalau persisnya saya tidak tahu tapi kalau dua bulan sudah lebih. Dua tiang lampu itu pengadaan dari Kementerian Perhubungan tahun 2020," kata Suyatno saat dihubungi hari ini.

Suyanto menyebut Dishub Klaten sebetulnya telah memberikan usul agar tiang lampu bangjo dipasang di sisi utara palang pintu atau sebelum perlintasan KA agar pengguna jalan aman. Namun ternyata lampu bangjo dipasang di selatan rel atau setelah palang perlintasan.

"Saat itu kami berikan masukan titik itu dipasang sebelum rel (utara rel). Tapi ternyata tetap di sana (setelah palang), realisasinya oleh BPTD (Balai Pengelola Transportasi Darat) tetap dipasang di situ (selatan rel)," ujarnya.

Selanjutnya soal palang pintu dan lampu bangjo yang bisa bikin ketar-ketir...

Selanjutnya
Halaman
1 2