Barang Bukti Penembakan Mobil Bos Tekstil: Pistol Walther-62 Peluru

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Rabu, 02 Des 2020 20:47 WIB
Solo -

Polisi menangkap pria berinisial LJ (72), pelaku penembakan mobil bos pabrik tekstil di Solo. Dari tangan LJ, polisi mengamankan barang bukti pistol dan puluhan butir peluru.

"Barang bukti berupa 1 pistol jenis walther kaliber 22 berikut 3 magazine dan 62 butir peluru yang belum digunakan kaliber 22 mm," kata Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan di Mapolresta Solo, Rabu (2/12/2020).

Polisi masih mendalami kasus ini. Pelaku saat ini diamankan di Mapolresta Solo guna penyidikan lebih lanjut.

"Saat ini tersangka sudah dibawa ke Satreskrim untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut. Tidak ada korban jiwa hanya kerugian materiil mobil," jelas Ade Safri.

Diberitakan sebelumnya, mobil yang ditumpangi bos pabrik tekstil Karanganyar berinisial I (72) ditembaki di Kota Solo siang tadi. Pelaku penembakan itu ditangkap di salah satu PO bus Karanganyar.

"Pukul 14.25 WIB, pelaku tertangkap di salah satu PO bus di Karanganyar," kata Kapolresta Solo, Kombes Ade Safri Simanjuntak, kepada wartawan di Mapolresta Solo, Rabu (2/12).

Ade menuturkan peristiwa penembakan itu terjadi di Jalan Monginsidi, Banjarsari, Solo sekitar pukul 12.00 WIB tadi. Kala itu korban dan sopirnya sedang makan siang dan tiba-tiba dihampiri tersangka LJ dan istrinya.

"Dengan maksud tersangka dan istrinya ingin menumpang mobil korban selanjutnya kemudian tersangka dan istrinya masuk ke dalam mobil korban. Kemudian tersangka mengajak korban untuk menuju rumah sarang walet milik tersangka di Jalan Monginsidi Banjarsari Surakarta," jelas Ade Safri.

Setiba di lokasi, LJ meminta korban turun dari mobil. Namun korban menolak. Pada saat itu sopir korban juga langsung tancap gas meninggalkan pelaku.

"Sampai di TKP tersangka turun dari mobil dan menyuruh korban turun tapi ditolak. Tersangka menembak sisi kiri korban, karena melaju tembak terus," terang Ade Safri.

Korban yang ketakutan lalu mengamankan diri ke Mako Brimob Polda Jawa Tengah. Dari situ, polisi lalu melakukan penangkapan terhadap pelaku.

"Jadi tersangka sudah punya tiket, gerak cepat dari tim alhamdulillah tidak lebih dari dua jam dilakukan penangkapan ruang tunggu VIP PO bus Karanganyar," sebutnya.

Polisi masih mendalami apakah ada pihak lain yang terkait dengan aksi pelaku ini. "Saat ditangkap sudah mengantongi tiket bus ke Bekasi. Jadi tersangka sudah punya tiket," kata Ade Safri.

(rih/mbr)