3 Pasar di Rembang Ini Ditutup Gegara 1 Pedagang Meninggal Kena Corona

Arif Syaefudin - detikNews
Jumat, 13 Nov 2020 18:02 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi. (Edi Wahyono/detikcom)
Rembang -

Pasar Sumber, Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, ditutup sementara setelah seorang pedagangnya meninggal terpapar virus Corona atau COVID-19. Dua pasar terdekat lainnya, Pasar Krikilan dan Pasar Kedungasem, juga ikut ditutup.

"Langkah cepat diambil oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dengan melakukan penelusuran dan sepakat menutup sementara Pasar Sumber. Tak hanya itu pasar terdekat juga ikut ditutup seperti Pasar Krikilan dan Pasar Kedungasem," kata Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Rembang, Imam Maskur, dalam keterangan tertulis, Jumat (13/11/2020).

Penutupan pasar tersebut mulai Sabtu (14/11) besok hingga Senin (16/11). Imam menjelaskan, penutupan pasar itu berawal dari adanya kasus positif Corona di Kecamatan Sumber. Satu di antaranya adalah pedagang Pasar Sumber yang meninggal.

"Jadi yang terkonfirmasi positif (di Kecamatan Sumber) 10 orang, tujuh dirawat di RS, yang tiga diisolasi mandiri. Kalau yang meninggal dunia ada dua, berarti (total positif) ada 12 ya," ujarnya.

Dua orang yang meninggal itu adalah seorang pedagang dan seorang warga yang sering berbelanja di Pasar Sumber.

"Dua orang ini, satu meninggal dunia orang yang jual di pasar (Sumber), tapi memang sudah punya penyakit. Sudah sakit-sakitan. Yang satunya lagi bukan yang jualan di pasar," sambung Imam.

Pasar Sumber, Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang, Jumat (13/11/2020).Pasar Sumber, Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang, Jumat (13/11/2020). Foto: Arif Syaefudin/detikcom

Meski demikian, lanjutnya, status Pasar Sumber belum bisa dikatakan menjadi klaster Corona, namun berpotensi menjadi klaster. Sehingga dilakukan upaya penutupan pasar selama tiga hari untuk mencegah penyebaran virus Corona.

"Sementara tiga hari, hari Sabtu kan pasaran, hari Minggu hari pasaran dan Senin bukan hari pasaran. Jadi kita cuma menutup satu hari saja. Selama tiga hari kami disinfektan dulu, kami bersihkan dulu. Kami menata jarak yang berjualan disana, kalau memang tidak cukup, jualannya bisa dilebarkan keluar," ujarnya.

Imam menambahkan penutupan tiga pasar tersebut juga meminimalisir penyebaran Corona dari kabupaten tetangga. Pasalnya sejumlah pasar di Kabupaten Pati juga ditutup karena adanya kasus COVID-19.

"Hari ini ada 50 pedagang Pasar Sumber yang di-swab. Sementara total pedagang di Pasar Sumber ada sekitar 200 orang," terang Imam.

Selain itu, pihaknya juga tengah mendata ulang pedagang pasar di Sumber. Pasalnya ada 30 persen pedagang yang berasal dari Kabupaten Pati. Rencananya Pemkab Rembang akan berkoordinasi dengan Pemkab Pati untuk melakukan tracing pedagang yang merupakan warga Pati.

(rih/sip)