Kenal Via Medsos, Pemuda Ini Setubuhi-Bawa Kabur Motor Teman Wanita

Febrian Chandra - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 21:03 WIB
Pelaku JA diamankan Polsek Blora.
Pelaku JA diamankan Polsek Blora. Foto: Febrian Chandra/detikcom
Blora -

Seorang pemuda berinisial JA (21), warga Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, memperdaya seorang teman wanita yang dikenalnya lewat media sosial. Pelaku menyetubuhi dan membawa kabur motor korban.

"Tersangka berhasil diamankan petugas di sebuah rumah kos di Kabupaten Jepara, pada Rabu malam (4/11)," kata Kapolsek Blora AKP Joko Priyono saat dihubungi detikcom, Kamis (5/11/2020).

Joko menjelaskan, JA dan korban yang berusia 19 tahun kenal melalui Facebook hingga akhirnya bertukar nomor WhatsApp (WA).

"Setelah berhasil mendapatkan nomor HP. Tersangka dan korban berkomunikasi intensif melalui WA, tersangka mendekati dan memacari korban," jelas Joko.

Joko menambahkan, modus pelaku dengan mengaku jika bapaknya seorang anggota Polri yang mempunyai rental mobil. Selain itu, pelaku juga mengiming-imingi korban akan dicarikan pekerjaan.

Janji manis pelaku ini membuat korban akhirnya teperdaya. Bahkan pelaku berhasil mengajak korban menginap di sebuah hotel di Blora pada Sabtu (10/10) dan mengajak korban untuk berhubungan badan.

"Korban sempat menolak, namun korban mau disetubuhi karena dijanjikan akan dinikahi," ungkap Joko.

Selanjutnya, setelah melakukan hubungan badan, sekitar pukul 21.30 WIB pelaku pamit kepada korban akan mengambil sepeda motor yang diparkir di sebuah mini market. Akhirnya korban menyerahkan kunci sepeda motor miliknya.

Paginya hari, Minggu (11/10), pelaku kembali ke hotel dan mengaku bahwa sepeda motor korban dipinjam oleh temannya dan mengalami kecelakaan. Pelaku menyebut sepeda motor korban disita polisi sebagai barang bukti.

Kemudian, dengan dalih akan membelikan sepeda motor yang baru untuk korban, pelaku meminta korban mengambil BPKB motor miliknya, hingga akhirnya BPKB tersebut diserahkan kepada pelaku.

"Tersangka berjanji akan membelikan sepeda motor baru, dan sepeda motor yang lama akan dijual," ujar Joko.

Hingga akhirnya, pada Minggu (11/10) sekitar pukul 17.30 WIB korban bersama orang tuanya melapor ke Polsek Blora.

"Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dijerat pasal Pasal 378 dan atau Pasal 372 KUHP dengan ancaman pidana maksimal 4 tahun penjara," imbuhnya.

(rih/mbr)