Tak Hanya di Lawu, Gunung Merapi Juga Bertopi Awan Hari Ini

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Kamis, 05 Nov 2020 12:37 WIB
Topi awan di Gunung Merapi, Kamis (5/11/2020).
Awan lenticular di Gunung Merapi, 5/11/2020 (Foto: Tangkapan layar akun Twitter @VolcanoYTz)
Sleman -

Fenomen awan berbentuk seperti topi muncul di Gunung Lawu pada pagi tadi. Namun, ternyata fenomena yang sama juga muncul di Gunung Merapi pada waktu yang sama.

Bentuk awan yang seperti piring atau topi di gunung yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah ini membuat netizen heboh. Banyak netizen yang kemudian memposting foto fenomena tersebut di media sosial. Salah satunya akun Twitter @VolcanoYTz yang mencuit:

"Visual Gunung Merapi pagi ini dengan latar belakang awan lenticular," tulis akun tersebut seperti dilihat detikcom, Kamis (5/11/2020).

Unggahan itu pun mendapat respons dari @bayurh*** yang menyatakan jika awan itu juga nampak dari Boyolali.

"terpantau dari Boyolali," tulis akun itu.

Saat dimintai konfirmasi, Kepala BMKG Yogyakarta Agus Riyanto menjelaskan awan berbentuk topi itu merupakan awan lenticular yang biasa terjadi di wilayah pegunungan.

"Awan lenticular memang biasa terjadi adalah di puncak atau daerah pegunungan, bentuknya memang seperti caping gunung itu terjadi karena adanya adveksi biasanya itu kabut yang terangkat ke atas menjadi awan-awan lenticular," jelas Agus kepada wartawan melalui pesan singkat, Kamis (5/11/2020).

Ia menjelaskan awan ini pada dasarnya tidak berbahaya bagi manusia.

"Secara langsung bagi manusia tidak berbahaya," kata Agus.

Diberitakan sebelumnya, fenomena topi awan di Gunung Lawu diabadikan oleh seorang warga bernama Rika Verry Kurniawan membenarkan foto tersebut adalah hasil jepretannya pada sekitar pukul 05.40 WIB tadi. Rika mengaku tertarik melihat fenomena tersebut dan mengabadikannya dalam perjalanan dari rumahnya di Magetan Jawa Timur menuju tempat kerjanya di Solo.

Rika mengambil gambar sejak dari Magetan hingga wilayah Gondosuli, Tawangmangu. Saat itu cuacanya cerah sehingga hasil jepretan Rika jelas menangkap fenomena unik ini.

(sip/mbr)