Malioboro Bebas Kendaraan Bermotor, Dishub DIY: Bentor Sementara Boleh

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 03 Nov 2020 14:26 WIB
Bentor melintas di titik Nol Kilometer Yogyakarta. Uji coba Malioboro bebas kendaraan bermotor bakal berlangsung pada 3-15 November 2020. Untuk sementara ini, bentor masih diizinkan melintas.
Bentor melintas di titik Nol Kilometer Yogyakarta (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta (Dishub DIY) melakukan uji coba bebas kendaraan di kawasan Malioboro mulai hari ini hingga tanggal 15 November mendatang. Dishub masih memberi toleransi untuk becak motor (bentor) yang beroperasi di kawasan tersebut.

"Kecuali kemarin itu bentor ya, jadi ya kita seperti yang disampaikan sithik eding (toleransi)," kata Plt Kepala Dishub DIY, Ni Made Dwi Panti Indrayanti, saat ditemui wartawan di sela-sela pemantauan rekayasa lalu lintas di Jembatan Kleringan, Kota Yogyakarta, Selasa (3/11/2020).

"Sehingga kita sementara ini belum bisa total (Malioboro secara penuh bebas kendaraan bermotor). Jadi kami masih memberikan kompromi tapi perlu ada pembatasan," lanjut Made.

Made menerangkan ke depan pihaknya akan membatasi bentor yang beroperasi di kawasan Malioboro dengan sistem shift. Dalam satu shift, ada 100 bentor yang diberi izin untuk melintas ke Malioboro.

"Jadi kami batasi, ada dua shift, satu shift 100 unit bentor. Meski sebenarnya juga tidak sebanyak itu jumlahnya (bentor di Yogyakarta)," jelas Made.

Made menyebut pihaknya mengizinkan bentor beroperasi di kawasan Malioboro untuk mengakomodasi warga Yogyakarta. Pihaknya memastikan akan melakukan pendekatan persuasif ke para sopir bentor tersebut terkait kebijakan Malioboro bebas kendaraan bermotor.

"Kadang kita harus kompromi dengan situasi. Nanti mungkin kita akan ada pendekatan yang lebih nyaman diterima oleh kedua belah pihak," ucapnya.

"Apalagi secara income kan bukan ada di ruas utamanya (Malioboro). Mereka kan dapat fee dari bakpia, batik tidak di ruas utama," imbuh Made.

Untuk diketahui, uji coba Malioboro bebas kendaraan bermotor ini berlangsung pada 3-15 November 2020. Penerapan Malioboro bebas kendaraan bermotor ini dilakukan dalam rangka penataan transportasi yang mendukung kawasan world heritage.

Made menambahkan ada beberapa ruas jalan yang bakal menjadi rute satu arah. Selain itu sirip Malioboro bisa dilalui dua arah, namun tidak boleh melintas ke area Malioboro.

"Untuk di sirip-sirip (Malioboro) dua arah tapi tidak boleh melintas Malioboro. Kalau boleh itu kemarin itu penghuni di sana boleh lewat tapi dituntun kendaraannya," jelas Made.

"Dari Jalan Suryotomo, kemudian Jalan Mataram terus nanti berpecahnya di gardu anim ini (selatan tempat parkir Abu Bakar Ali)," terangnya.

Tonton video 'Malioboro Bebas Rokok Mulai Maret 2020':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)