2 Wisatawan Asal Medan dan Tangerang di Borobudur Positif Corona

Eko Susanto - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 20:02 WIB
Petugas memeriksa suhu tubuh wisatawan yang akan masuk ke zona 1 kawasan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (8/7/2020). Pihak Balai Konservasi Borobudur (BKB) membuka kembali zona 1 candi Borobudur untuk umum yang ditutup akibat pandemi COVID-19 sejak (15/3/2020), tapi pengunjung belum diperbolehkan menaiki struktur candi Borobudur. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/aww.
Ilustrasi Candi Borobudur (Foto: ANTARA FOTO/ANIS )
Magelang -

Dua wisatawan yang akan berlibur menuju kawasan Candi Borobudur terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19. Keduanya dinyatakan positif dari hasil tes swab.

Mulanya kedua wisatawan ini termasuk dalam enam wisatawan yang reaktif saat di-rapid test di Tourist Information Center (TIC) Borobudur tadi. Pelaksanaan rapid test ini dilakukan acak ke pengunjung menuju kawasan wisata Borobudur, Rabu (28/10).

"Iya betul. Dari rapid test yang kami lakukan terhadap 150 sasaran hari ini, ada enam yang reaktif dan dua yang dinyatakan positif berdasarkan hasil swab test. Dua yang positif itu berasal dari Medan dan Tangerang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Retno Indriastuti dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/10/2020).

Retno mengatakan selama tiga hari ini pihaknya telah melakukan rapid test ke-455 pengunjung obyek wisata Candi Borobudur. Dari total 455 wisatawan itu, ada 29 yang reaktif dan dua orang positif Corona.

"Dari 455 wisatawan yang di-rapid test itu ada 29 yang reaktif dan dua yang positif. Rinciannya, hari pertama ada 15 yang reaktif dan 8 pada hari kedua serta 6 wisatawan pada hari ketiga," katanya.

Sementara itu, untuk kasus COVID-19 di Kabupaten Magelang hingga hari ini ada penambahan tiga kasus baru Corona. Mereka berasal dari Borobudur, Mertoyudan dan Secang. Namun demikian, ada satu yang dinyatakan sembuh berasal dari Mertoyudan.

"Dengan tambahan tiga baru dan satu sembuh itu, jumlah kumulatif pasien positif hingga saat ini ada 1.016 orang. Rinciannya, 164 dirawat dan menjalani isolasi mandiri, 824 sembuh dan 28 meninggal," ujar Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

(ams/mbr)