Warga Jateng, BMKG Peringatkan Potensi Banjir dan Longsor di Daerahmu

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jumat, 30 Okt 2020 08:19 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) Banjir & Longsor 2018 (Fuad Hasim/detikcom)
Ilustrasi (Fuad Hasim/detikcom)
Semarang -

Prakiraan cuaca untuk Jawa Tengah pagi ini umumnya berawan dan beberapa berpotensi hujan. Sejumlah wilayah juga diminta waspada banjir dan tanah longsor potensi hujan lebat diperkirakan terjadi antara siang hingga awal malam.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang memprakirakan cuaca yang berlaku mulai pukul 07.00 sampai 19.00 WIB di Jawa Tengah.

"Pagi umumnya berawan, potensi hujan ringan-sedang di sekitar pantura Timur dan sebagian pesisir Selatan," kata petugas M. S. Fuad A. dalam informasi cuaca yang diterima detikcom, Jumat (30/10/2020).

"Siang-sore/awal malam hari umumnya hujan ringan-sedang. Potensi hujan sedang-lebat di pegunungan Tengah Jateng, Pesisir Selatan Jateng, dan sebagian Jateng Timur. Waspada bencana Hidro Meteorologi seperti banjir dan tanah longsor," jelasnya.

Berikut prakiraan cuaca yang berpotensi hujan di Jateng antara pukul 07.00-19.00 WIB:

Hujan ringan:
Boyolali, Kendal, Batang, Pemalang, Surakarta, dan Salatiga.

Hujan ringan-sedang:
Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Rembang, Pati, Kudus, Jepara, Demak, Ungaran, Temanggung, Kajen, Slawi, Brebes, Semarang, Pekalongan, Tegal, Bumiayu, Majenang, dan Ambarawa.

Hujan sedang-lebat:
Cilacap, Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Mungkid, Purwodadi, Blora, dan Magelang.

(alg/mbr)