Prakiraan Cuaca Jateng 29 Oktober: Hujan Merata-Solo Angin Kencang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 29 Okt 2020 08:17 WIB
BMKG menyatakan wilayah Indonesia saat ini memasuki masa pancaroba. Awan gelap pun tampak menyelimuti langit Kota Jakarta hari ini.
Ilustrasi. Foto: Rifkianto Nugroho
Semarang -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan ringan-sedang merata di Jawa Tengah hari ini, Kamis (29/10/2020). Potensi hujan lebat dan angin kencang ada di Solo Raya dan sekitar Grobogan.

Dari data BMKG Kantor Meteorologi Kelas II Ahmad Yani Semarang untuk cuaca Jateng mulai pukul 07.00 sampai 19.00 WIB, menyebutkan pagi ini umumnya berawan kecuali daerah pesisir selatan yang berpotensi hujan.

"Pagi umumnya berawan, kecuali sebagian pesisir selatan berpotensi hujan ringan. Siang/sore-awal malam hujan ringan-sedang tersebar merata dengan waktu kejadian yang bervariasi," kata petugas BMKG Semarang, Arif Nurhidayat, dalam informasi cuaca yang diterima detikcom, Kamis (29/10/2020).

"Waspada potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di daerah pegunungan, dataran tinggi, wilayah Solo Raya, dan sekitaran Grobogan pada sore-awal malam," imbuhnya.

Berikut daerah yang diprakirakan hujan sekitar pukul 07.00 sampai 19.00 WIB hari ini:

Hujan ringan:
Rembang, Pati, Jepara, Pemalang, Slawi, Brebes, Semarang, Pekalongan, dan Tegal.

Hujan ringan-sedang:
Cilacap, Purworejo, Wonogiri, Kudus, Demak, Ungaran, Kendal, Batang, Kajen, dan Bumiayu.

Hujan sedang-lebat:
Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Wonosobo, Mungkid, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Purwodadi, Blora, Temanggung, Magelang, Surakarta, Salatiga, Majenang, dan Ambarawa.

(alg/rih)