Yulia yang Dibunuh-Dibakar dalam Mobil Dikenal Baik di Kalangan Pengusaha

Aris Arianto - detikNews
Kamis, 22 Okt 2020 13:58 WIB
Sesosok mayat wanita ditemukan terbakar di dalam mobil di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah malam tadi. Polisi masih menyelidiki kasus ini.
Yulia ditemukan tewas dibunuh-dibakar dalam mobil di Sukoharjo. Foto: Sri Hartono/detikcom
Wonogiri -

Yulia (42) yang mayatnya ditemukan terbakar di dalam mobil ternyata korban pembunuhan. Sosok Yulia menurut rekannya dikenal baik di kalangan pengusaha.

"Beliau aktif (di Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia/IWAPI), orangnya juga baik banget. Beliau sering membeli produk saya," ungkap pengusaha batik yang juga anggota IWAPI asal Kecamatan Slogohimo, Wonogiri, Ninik Suryani saat dihubungi wartawan, Rabu (21/10/2020).

Ninik membeberkan, Yulia merupakan sosok ramah, supel, dan ulet. Yulia juga dikenal gigih menggeluti beberapa usaha di Nambangan Selogiri, Wonogiri.

"Jujur saya sempat tidak percaya dengan pemberitaan meninggalnya beliau. Apalagi ditemukan meninggal seperti itu," jelas Ninik.

Menurut Ninik, dia dan sejumlah anggota IWAPI terakhir bertemu dengan Yulia pada Rabu (14/10). Pada momen tersebut mereka sedang menghadiri pertemuan di salah satu rumah makan di Wonogiri.

"Almarhumah sempat ngobrol-ngobrol banyak sekaligus bercanda dengan ibu-ibu pengusaha lainnya," beber Ninik.

Penelusuran wartawan, Yulia pernah tinggal di Kelurahan Kaliancar, Kecamatan Selogiri, Wonogiri. Mantan tetangga Yulia di Kaliancar, Putranto mengatakan, korban sekitar tahun 2014 pernah membudidayakan melon. Lahan yang dikelola untuk budidaya melon sekitar satu hektare.

"Dulu juga sempat memelihara bebek dan kambing. Tapi sekarang sepertinya usahanya itu sudah tidak berlanjut. Setelah itu dia pindah domisili dan saya tidak tahu kelanjutannya lagi," kata Putranto.

Saat ini korban tercatat sebagai warga Desa Nambangan, Kecamatan Selogiri, Wonogiri. Ketua RT tempat tinggal Yulia di Desa Nambangan Kecamatan Selogiri, Indratno mengaku jarang bertemu dengan korban meski memiliki rumah di dusun setempat. Dia mengaku terakhir bertemu Yulia pada 2019 silam.

Diberitakan sebelumnya, jasad Yulia ditemukan di bagian belakang mobil miliknya dalam kondisi terbakar. Polisi telah menggelar olah TKP dan salah satu hasilnya yakni ada selotip pada tangan jasad Yulia. Berdasarkan olah TKP, hasil autopsi dan pemeriksaan saksi, polisi menyimpulkan kasus ini merupakan pembunuhan.

(sip/ams)