6 Nakes Positif Corona, Puskesmas Karanganyar Pekalongan Ditutup

Robby Bernardi - detikNews
Rabu, 21 Okt 2020 09:38 WIB
Puskesmas Karanganyar di Pekalongan ditutup karena 6 nakes terpapar Corona
(Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Kabupaten Pekalongan -

Enam tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Jateng, dinyatakan terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19. Dinas Kesehatan setempat memutuskan menutup sementara layanan kesehatan di Puskesmas tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Pekalongan, Setiawan Dwi Antoro, saat dihubungi mengatakan temuan 6 nakes yang terkonfirmasi COVID-19 tersebut, hasil dari tracing dan swab nakes di Puskesmas Karanganyar.

"Dari satu nakes yang terkonfirmasi COVID-19, kita lakukan tracing dan swab. Hasilnya ada tambahan lima nakes, jadi total ada enam di Puskesmas Karanganyar," jelasnya, Rabu (21/10/2020).

Enam nakes di Puskesmas Karanganyar ini, tidak hanya di satu ruangan, namun bertugas di berbagai bidang layanan yang ada di Puskesmas. "Semua isolasi mandiri karena OTG dan kondisi sehat-sehat saja. Ini klaster perkantoran (di Puskesmas)," katanya.

Dijelaskan Setiawan, pihaknya sejak Selasa kemarin melakukan tracing dan swab pada orang-orang yang pernah kontak langsung dengan keenam nakes. "Termasuk pada keluarga masing-masing," jelasnya.

Terkait hal itu, pihaknya sejak Selasa (20/10) hingga Kamis (22/10), dilakukan penutupan sementara layanan kesehatan untuk proses sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan. Pelayanan kesehatan untuk sementara dialihkan ke Puskesmas terdekat yakni Puskesmas Doro 2, Puskesmas Wonopringo, Puskemas Kajen 1 dan Puskesmas Kajen 2.

Selanjutnya
Halaman
1 2