Bupati Blora Nyanyi-Joget Bareng Tanpa Masker, Pekerja Seni: Memalukan!

Febrian Chandra - detikNews
Senin, 12 Okt 2020 21:56 WIB
Bupati Blora Djoko Nugroho, Senin (30/3/2020).
Bupati Blora Djoko Nugroho, Senin (30/3/2020). (Foto: Febrian Chandra/detikcom)
Blora -

Video Bupati Blora, Jawa Tengah, Djoko Nugroho asyik bernyanyi dan joget bareng tanpa masker viral di media sosial. Pekerja seni di Blora sangat menyayangkan tingkah Djoko tersebut.

"Dari video yang beredar, ini sangat ironis dan memalukan," kata Sekjen Aliansi Pekerja Seni dan Budaya Kabupaten Blora, Eksi Agus Wijaya, saat dihubungi detikcom, Senin (12/10/2020).

Menurut Eksi, di beberapa acara seperti di depan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca), Djoko selalu menyampaikan untuk membubarkan acara hajatan dan kesenian yang tidak mematuhi protokol kesehatan virus Corona atau COVID-19. Tapi saat ini, lanjutnya, Djoko justru melanggarnya sendiri.

"Bupati selalu gembar-gembor bubarkan acara yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Ini dia kok melanggar sendiri. Memalukan," sebut Eksi.

Eksi menambahkan, dalam audiensi yang dilakukan oleh para pekerja seni dengan Bupati Blora beberapa waktu lalu, diputuskan gelaran seni boleh dilakukan tapi hanya di siang hari dan mematuhi protokol kesehatan.

"Tolonglah jadi contoh yang baik. Jangan buat aturan terus dilanggar sendiri. Konsisten dengan ucapan dan sikap," ujarnya.

Selain itu, Eksi juga menyayangkan terhadap pekerja seni yang terlibat di acara yang dihadiri Bupati Blora tersebut yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

"Tolonglah buat kawan-kawan pekerja seni hargai perjuangan kita. Yang dulu para pekerja seni sempat dilarang untuk tampil di masa pandemi, namun sekarang sudah diperbolehkan dengan mematuhi protokol kesehatan," terangnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Blora HM Dasum juga angkat bicara soal Bupati Blora Djoko Nugroho yang bernyanyi dan joget bareng tanpa masker itu.

"Waduh. Kok bisa seperti itu ya," kata Dasum mengomentari video tersebut saat dihubungi detikcom, Senin (12/10).

Dasum mengatakan, sikap Djoko bernyanyi dan joget bareng tanpa masker sangat mencederai dan menyakiti masyarakat. Karena saat ini Pemkab Blora dengan tim gabungan tengah gencar melakukan operasi penegakan protokol kesehatan virus Corona atau COVID-19 hingga ke desa-desa.

"Bagi Satpol PP, tolong jika hal itu melanggar aturan harus ditegakkan. Aturan jangan diterapkan untuk rakyat saja," tandas Dasum.

Viral video Bupati Blora Djoko Nugroho nyanyi-joget bareng tanpa masker, Senin (12/10/2020).Viral video Bupati Blora Djoko Nugroho nyanyi-joget bareng tanpa masker, Senin (12/10/2020). Foto: Tangkapan layar video viral (istimewa)

Diketahui, video yang berisi tayangan Bupati Blora, Jawa Tengah, Djoko Nugroho asyik bernyanyi dan joget di sebuah hajatan viral di media sosial. Dalam video itu terlihat Djoko Nugroho tak mematuhi protokol kesehatan, yakni tidak memakai masker serta tak menjaga jarak.

Seperti dilihat detikcom, video tersebut berdurasi 30 detik dan beredar di grup WhatsApp serta media sosial.

Tampak dalam video, Djoko bernyanyi bersama seorang perempuan berseragam mirip PNS. Keduanya terlihat tanpa memakai masker.

Selain itu, di dekat Djoko terlihat ada dua orang perempuan yang memakai dress panjang namun tak memakai masker. Selain itu, ada juga sejumlah pria berbaju batik tampak asyik berjoget. Di antara para pria itu tampak ada yang memakai masker dan ada yang tidak memakai masker.

Selanjutnya
Halaman
1 2