Mengenal Jepang di Kudus yang Plang Petunjuk Arah Jalannya Viral

Dian Utoro Aji - detikNews
Sabtu, 10 Okt 2020 16:20 WIB
Desa Jepang di Kabupaten Kudus, Sabtu (10/10/2020).
Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, Kudus. Foto: Dian Utoro Aji/detikcom
Kudus -

Plang petunjuk arah ke Desa Jepang, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah ramai dibahas dan viral di media sosial. Seperti apa Desa Jepang yang ternyata juga merupakan desa wisata ini?

"Jepang (Desa Jepang) itu masuk di Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus," kata Sekretaris Desa Jepang, Ngadiman saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (10/10/2020).

Untuk sampai di Desa Jepang dari Pusat Kabupaten Kudus tidak jauh. Dari pusat Kota Kretek ini menuju Desa Jepang jaraknya 8,2 km atau bisa ditempuh hanya dalam waktu 14 menit saja.

Desa ini di sebelah baratnya berbatasan dengan Desa Jepang Pakis, sebelah timur Desa Mejobo, sebelah utara Desa Megawon, dan sebelah selatan Desa Gulang dan Payaman. Jaraknya dengan pusat Kecamatan Mejobo hanya 1,8 Km.

Ngadiman menuturkan bahwa di Desa Jepang terdapat tiga dukuh yakni Dukuh Jepang, Pendem Kulon dan Pendem Wetan.

Dia juga mengungkap sejumlah potensi wisata di Desa Jepang. Desa Jepang, kata Ngadiman, terkenal dengan wisata religi Masjid Wali.

"Di sini juga terdapat pokdarwis. Itu dikenal dengan wisata religi Masjid Wali," tutur dia.

Diwawancara terpisah, Camat Mejobo Fitriyanto menambahkan, mayoritas warga di Desa Jepang bekerja sebagai karyawan pabrik.

"Kalau Desa Jepang pekerjaannya penduduk mayoritasnya sebagai karyawan pabrik kurang lebih 70 persen, sisanya tersebar sebagai petani, usaha rumahan, toko dan beberapa PNS dan TNI Polri," kata Fitriyanto kepada detikcom lewat pesan singkat, sore ini.

"Di Jepang dikenal dengan potensi wisata utama di sana adalah potensi wisata religi," lanjutnya.

Diberitakan sebelumnya, foto plang petunjuk jalan ke arah Jepang dan Kota Semarang tengah viral di media sosial. Netizen penasaran berkeinginan untuk pindah ke Jepang.

Foto itu diunggah akun Twitter @sosmedkeras. Foto tersebut menunjukkan petunjuk arah menuju ke arah Jepang dan Semarang dengan keterangan, "Otw pindah ke Jepang, kalian kapan."

Unggahan tersebut pun mendapatkan komentar yang beragam. Mereka penasaran keinginan untuk pergi ke Jepang yang ada di Jawa Tengah itu, ada juga yang memberi informasi tentang keberadaannya sebagai Jepang kearifan lokal.

"Bendino aku ning umah mu lewat Jepang lip, Jepang dengan kearifan kota Kudus," tulis akun @surindih.

(sip/sip)