Heboh Air Laut Pantai Benteng Portugis Jepara Surut, Ini Faktanya

Dian Utoro Aji - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 20:11 WIB
Kabar Pantai Benteng Portugis di Jepara surut bikin heboh netizen. Video yang bikin geger itu disebut diambil pada Senin (28/9/2020).
Heboh Pantai Benteng Portugis di Jepara surut (Foto: dok. tangkapan layar FB MIK Jepara)
Jepara -

Video air laut di Pantai Benteng Portugis, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah surut hingga memperlihatkan pasir pantai bikin heboh di media sosial. Tak hanya itu, Pulau Mandalika yang berada di seberang pantai pun terlihat jelas. Kok bisa?

Video yang viral itu berdurasi 15 detik. Dalam video itu memperlihatkan kondisi Pantai Benteng Portugis Jepara yang surut hingga tampak hamparan pasir berwarna cokelat. Dari video itu Pulau Mandalika yang biasanya diakses menggunakan perahu pun seakan bisa ditempuh dengan hanya berjalan kaki.

Pada rekaman video tersebut juga ada suara pria yang menunjukkan kondisi pantai sedang surut pada Senin (28/9) kemarin. Pria yang merekam video itu menyebut surutnya pantai bisa menjadi objek wisata baru di Jepara.

"Wis angel-angel, pol tengah iki. Piye jalan-jalan rene wisata anyar bro. Sedelek engkas tekan Mandalika. Ora suwe. (Sudah sulit, itu sampai tengah. Bagaimana jalan-jalan ke sini wisata baru bro. Sebentar lagi bisa sampai pulau Mandalika. Tidak lama)," kata pria dalam video itu seperti dikutip detikcom, Selasa (29/9/2020).

Video kondisi Pantai Benteng Portugis Jepara itu juga diunggah akun Facebook MIK (Media Informasi Kota) Jepara. Pengunggah dalam grup Facebook tersebut akun @putra, mengunggah dua video sekaligus dengan keterangan kondisi terkini Pantai Benteng Portugis.

"Video pertama adalah kondisi terkini perairan Pantai Benteng Portugis Jepara. Video diambil pada hari Selasa (29/9) pukul 15.10 WIB, sedangkan video kedua adalah video yang viral karena air laut yang surut. Menurut informasi video diambil kemarin sore. Kondisi terkini air laut sudah normal," tulis akun @putra seperti dilihat detikcom hari ini pukul 18.50 WIB.

Unggahan tersebut mendapatkan beragam reaksi dari netizen. Ada juga yang kesal karena peristiwa surutnya pantai itu dikaitkan dengan tsunami.

"Ndi mau sing do muni bakal ono sunami lah, ono opo lah (Mana tadi yang ngomong bakal ada tsunami)," tulis akun @Nur Rohmad.

"Sing omahe cedak segara mesti wis gawenen weroh air laut pasang surut (Yang rumahnya dekat pantai pasti paham sering lihat air laut pasang surut)," tulis @Adinu Lana.

Terpisah, Kepala BPBD Jepara Kusmiyanto mengatakan surutnya air laut Pantai Benteng Portugis adalah peristiwa alam biasa. Namun, dia membenarkan kondisi surutnya pantai tersebut memang lebih jauh dibandingkan biasanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Debat Capres AS