Usut Konser Dangdut Wakil Ketua DPRD Kota Tegal, Polisi Periksa Saksi Ahli

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 27 Sep 2020 12:00 WIB
Konser musik dangdut di Tegal digelar di tengah pandemi COVID-19. Konser itu diketahui diadakan Wakil Ketua DPRD Kota Tegal untuk perayaan pernikahan.
Konser dangdut yang digelar Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Wasmad Edi Susilo di tengah pandemi virus Corona atau COVID-19. (Foto: ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Kota Tegal -

Polisi masih menyelidiki konser dangdut yang digelar oleh Wakil Ketua DPRD Kota Tegal Wasmad Edi Susilo di tengah masa pandemi virus Corona atau COVID-19. Sebanyak 11 orang saksi dan seorang saksi ahli telah diperiksa polisi terkait konser tersebut.

"Jumlah saksi yang sudah diperiksa sebanyak 11 orang dan 1 saksi ahli pidana," ujar Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutisna dalam pesan singkat kepada detikcom, Minggu (27/9/2020).

Iskandar menyebut konser tersebut berlangsung di Lapangan Tegal Selatan Jalan Teuku Cik Diktiro, Kelurahan Bandung, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal pada Rabu (23/9) pada pukul 17.30-01.30 WIB.

Dia juga menjelaskan hajatan pernikahan dan khitanan yang mengundang Orkes melayu OM Kaisar dinilai tidak sesuai dengan yang disampaikan ketika mengajukan surat permohonan izin kepada Polsek Tegal Selatan.

"Pihak Polsek Tegal Selatan sempat menarik kembali Surat Izin yang telah dikeluarkan dan membubarkan hiburan musik mengantisipasi timbulnya cluster COVID-19," lanjut Iskandar.

Diberitakan sebelumnya, Wasmad juga sudah diperiksa Polda Jateng di Mapolres Tegal Kota. Tak hanya itu, dia juga mendapat teguran keras dari partainya yakni Partai Golkar.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendukung langkah hukum terselenggaranya hajatan berupa konser dangdut pada Rabu (23/9) itu. Ia juga merasa partai perlu mengambil tindakan kepada kader yang melanggar protokol kesehatan.

"Ini bisa jadi contoh yang paling bagus untuk nantinya bisa menertibkan anggotanya. Apalagi, ini sudah mulai masa kampanye," kata Ganjar.

Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal kemudian menggelar tes swab massal. Target tes swab ini mulai dari warga sekitar, hingga penyelenggara konser dangdut. Sampel swab selanjutnya dikirim ke Labkesda Jateng. Sedangkan hasil swab bisa diketahui 5-7 hari mendatang tergantung kesiapan labkesda provinsi.

Pemkot Tegal menargetkan ada 100 orang yang akan menjalani tes swab terkait konser dangdut itu.

Tonton juga 'Sowan ke Ganjar, Walkot Tegal Minta Maaf Soal Dangdutan Waket DPRD':

[Gambas:Video 20detik]

(sip/sip)