Hendi-Ita Ada di Posisi Kiri Lawan Kotak Kosong Pilwakot Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 12:11 WIB
Pengundian nomor urut Pilkada Kota Semarang, Kamis (24/9/2020).
Foto: Pengundian nomor urut Pilkada Kota Semarang, Kamis (24/9/2020). (Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Kota Semarang -

Pasangan petahana Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu (Hendi-Ita) resmi tanpa lawan di Pilwalkot Semarang. Hendi-Ita menempati posisi kiri pada kertas pemilihan.

Hal itu diketahui setelah pengundian tata letak yang digelar KPU Kota Semarang di Hotel Patra Semarang, Kamis (24/9). Pengundian dilakukan menggunakan dua bola pingpong yang dimasukkan dalam mangkuk kaca. Hendi yang mengambil bola tersebut mendapatkan bola dengan tulisan sebelah kiri.

Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom mengatakan posisi kiri yang dimaksud yaitu posisi kiri pemilih, karena jika dilihat dari sisi kertas suara memang berada di sebelah kanan.

"Kiri pemilih, tadi dapat undian sebelah kiri, sudah disimulasikan, jadi dari kiri yang melihat," kata Henry usai acara pengundian tata letak, Kamis (24/9/2020).

Ia menjelaskan ada yang berbeda dari acara pengundian tata letak hari ini dibanding tahapan yang sudah berjalan sebelumnya. Hal itu terkait peserta yang hadir karena ada PKPU Nomor 13 tahun 2012 terkait siapa saja yang boleh hadir, sehingga suasana cukup lengang di lokasi pengundian.

"Awalnya akan undang pimpinan parpol, namun sesuai PKPU Nomor 13 yang baru itu memang ada pembatasan siapa yang boleh hadir, semua bisa memahami," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Hendi mengatakan dia tidak mempermasalahkan posisi fotonya di sebelah kiri. Dia mengungkap dirinya dan Ita kini sedang mempersiapkan untuk cuti dari jabatan Wali Kota dan Wakil Walkot Semarang selama kampanye.

"Kanan kiri saya tidak masalah. Hari ini adalah hari kantor saya terakhir karena mesti cuti. Besok saya dengan bu wakil sepakat menyerahkan tanggung jawab kepada Pj, termasuk aset-aset milik pemkot kembalikan ke pemkot," kata Hendi.

Untuk diketahui, Hendi-Ita tanpa rival dalam Pilwakot Semarang 2020 karena mereka didukung semua partai di Kota Semarang yaitu PDIP, Gerindra, Demokrat, NasDem, Golkar, PKB, PSI, dan PKS. Kemudian ada juga partai pendukung nonparlemen yaitu PPP, PKPI, Berkarya, PBB, dan Hanura.

(sip/ams)