Kondisi Terkini Sumur yang Bikin Heboh karena Keluarkan Bensin di Brebes

Imam Suripto - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 16:01 WIB
Petugas menunjukkan hasil air sumur warga yang sempat bikin heboh karena mengeluarkan BBM yang kini mulai jernih
Petugas menunjukkan hasil air sumur warga yang sempat bikin heboh karena mengeluarkan BBM yang kini mulai jernih (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Brebes -

Sumur warga RT 02/RW 03 Desa Tengki, Kabupaten Brebes yang bikin heboh karena mengeluarkan bahan bakar minyak (BBM) kini airnya sudah mulai jernih. Meski sudah jernih, masih tercium bau minyak dari air sumur milik Sahuri (64).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Kabupaten Brebes, Budi Dharmawan mengatakan usai ditemukan adanya minyak, sumur itu langsung dikuras. Proses pengurasan ini dilakukan beberapa kali untuk menghilangkan residu minyak di dalam sumur.

"Saya ambil sampel pas hari pertama dan setelah dikuras, kondisinya beda dengan sampel yang diambil kemarin, sekarang sudah membaik airnya. Artinya secara fisik sudah jernih, tapi masih ada bau minyak," kata Budi Dharmawan yang didampingi Kepala UPT Laboratorium Lingkungan Indrati, saat ditemui di kantornya, Brebes, Rabu (23/9/2020).

Dari hasil pemeriksaan laboratorium, air sumur milik Sahuri saat ini memiliki pH 7,7 dan suhu air 29 derajat Celcius. Parameter ini sudah masuk dalam standar baku mutu air bersih.

"PH yang masuk untuk ukuran air bersih adalah antara 6 - 9, dan suhu airnya pada kisaran 27 sampai 30 derajat Celcius. Meski sudah masuk dalam baku mutu air bersih namun masih ada bau menyengat dari sisa minyak," terang Budi Dharmawan.

Meski memiliki standar baku mutu air bersih, dia menyebut air dari sumur Sahuri belum layak diminum. Namun, penggunaannya untuk kebutuhan lainnya pun terbatas.

"Kalau untuk mandi dan kakus boleh lah. Mandi pun harus dibatasi karena masih mengandung minyak," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2