Polisi: Kebakaran Pasar Wage Purwokerto Berawal dari Blok Pedagang Minyak

Arbi Anugrah - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 08:26 WIB
Kebakaran di Pasar Wage Purwokerto
Kebakaran di Pasar Wage Purwokerto (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)
Banyumas -

Kebakaran Pasar Wage Purwokerto membuat seluruh pedagang di lantai satu dan dua berhamburan keluar. Api diduga berasal dari lapak pedagang yang menjual minyak goreng.

"Sementara kami belum bisa memastikan bagaimana (asal api). Tapi awalnya dari blok B, tapi kami belum bisa memastikan (penyebabnya). Di blok B itu ada warung-warung (yang menjual) minyak goreng," kata Kapolresta Banyumas Kombes Whisnu Caraka kepada wartawan, Senin (21//9/2020).

Whisnu mengatakan pihaknya langsung melakukan evakuasi para pedagang usai mendapatkan laporan adanya kebakaran di Pasar Wage Purwokerto. Dia juga mengimbau agar masyarakat tidak berkerumun.

"Tadi pagi kita dapat laporan kebakaran, pemadam kebakaran juga sudah hadir, kita lakukan evakuasi-evakuasi (pedagang). Kemudian masyarakat sekitar kita himbau untuk tidak berkumpul dan berkerumun," jelasnya.

Evakuasi juga dilakukan kepada masyarakat sekitar yang berupaya masuk ke area Pasar Wage Purwokerto. Hal tersebut untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

"Yang kita antisipasi adalah orang-orang yang tidak berkepentingan masuk ke atas kemudian melakukan hal hal yang tidak kita inginkan," ujarnya.

Saat ini tim pemadam kebakaran masih berupaya memadamkan api yang berada di lantai satu Pasar Wage Purwokerto. Dia berharap api dapat segera dikendalikan.

"Mudah-mudahan api sudah bisa dikendalikan, karena kalau tadi pagi agak tinggi sampai ke lantai dua. Sekarang tinggal lantai satu, tinggal evakuasi yang sebelumnya. Karena kita tidak tahu api bisa kita kendalikan secara sempurna atau tidak," ucapnya.

(arb/mbr)