Potensi Calon Tunggal di Pilkada Grobogan, Petahana Didukung Semua Parpol

Febrian Chandra - detikNews
Senin, 07 Sep 2020 12:02 WIB
Sri Sumarni-Bambang Pujiyanto mendaftar Pilkada Grobogan, Jumat (4/9/2020).
Sri Sumarni-Bambang Pujiyanto saat mendaftar ke KPU Grobogan, 4/9/2020. (Foto: Febrian Chandra/detikcom)
Grobogan -

Masa pendaftaran calon bupati dan calon wakil bupati Kabupaten Grobogan diperpanjang. Keputusan itu diambil karena hingga batas waktu pendaftaran yang ditentukan ditutup, hanya terdapat satu pasang calon yang mendaftar yang didukung semua parpol pemilik kursi di DPRD.

"Hingga Minggu (6/09) pukul 24.00 WIB hanya ada satu pasangan calon saja yang mendaftar. Sesuai aturan masa pendaftaran diperpanjang lagi," kata Ketua KPU Kabupaten Grobogan, Agung Sutopo, saat dihubungi detikcom, Senin (7/9/2020).

Agung menjelaskan, bakal paslon yang telah mendaftar adalah pasangan Sri Sumarni - Bambang Pujiyanto, yang didukung seluruh parpol yang mempunyai kursi di DPRD Grobogan.

"Dari 50 kursi di DPRD Grobogan, pasangan ini diusung 49 kursi. Hanya sisa satu kursi milik partai Berkarya. Karena tidak membawa rekomendasi dari DPP maka Partai Berkarya sifatnya hanya mendukung," kata Agung.

Agung juga enggan menyebut pasangan Sri-Bambang sebagai pasangan tunggal untuk melawan kotak kosong di Pilkada Grobogan.

"Kita tunggu sampai tanggal 13 September pukul 24.00 WIB apakah ada perubahan rekomendasi partai. Kalau tidak ada, setelah itu baru disebut pasangan tunggal," terangnya.

Perubahan rekomendasi partai bisa saja terjadi mengingat pembuat rekomendasi partai adalah DPP partai. "Namanya dinamika politik, hal itu bisa saja terjadi. Kita tunggu penutupan perpanjangan pendaftaran," jelasnya.

(mbr/mbr)