Berlari Menuju KPU, Anggota TNI Ini Daftar Calon Bupati Gunungkidul

Pradito Rida Pertana - detikNews
Minggu, 06 Sep 2020 19:40 WIB
Sunaryanta, anggota TNI mendaftar Cabup Gunungkidul
Sunaryanta, anggota TNI mendaftar Cabup Gunungkidul. (Foto: Pradito R Pertana/detikcom)
Gunungkidul -

Bakal pasangan calon (bapaslon) Sunaryanta-Heri Susanto menjadi pendaftar keempat untuk Pilkada Gunungkidul 2020. Sunaryanto datang ke Kantor KPU Kabupaten Gunungkidul dengan berlari.

Pasangan yang diusung Partai Golkar dan PKB ini datang dengan cara berbeda. Sunaryanta berlari dari rumahnya Dusun Kwarasan Wetan, Desa Kedung Keris, Kecamatan Nglipar hingga simpang empat Budegan, Kecamatan Wonosari.

Mengenakan kaus, topi dan celana training, Sunaryanta tiba di KPU Gunungkidul. Sedangkan Heri menyambut Sunaryanta di dekat kantor KPU dan selanjutnya masuk ke KPU bersama-sama.

Sunaryanta adalah seorang anggota TNI AD yang bertugas di Kementerian Pertahanan, Heri Susanto adalah ASN di Kementerian Pertanian (Kementan).

Sunaryanta menjelaskan alasannya memilih datang ke Kantor KPU dengan cara berlari. Pertama dia ingin mengingatkan pentingnya olah raga untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Terkait statusnya sebagai anggota TNI aktif, Sunaryanta mengaku telah mengajukan pengunduran diri. "Saya TNI dan tentu saya akan ikut aturan yang berlaku (dalam Pilkada), saat ini saya sedang dalam proses mengundurkan diri. Saat ini sedang berproses," katanya.

Hal senada juga diungkapkan pasangannya yakni Heri. Bahkan, Heri menyebut telah mengajukan pensiun dini sebagai ASN. "Saya pensiun dini dan SK sudah terbit sejak bulan Maret. Karena kami sudah komitmen ketika mencalonkan diri pasti ada risikonya," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Gunungkidul Ahmadi Ruslan Hani mengatakan, bahwa berkas pendaftaran pasangan tersebut lengkap. Selain itu dengan pendaftaran ini maka ada 4 bapaslon yang mendaftar Pilkada Gunungkidul 2020.

"Ini adalah pasangan terakhir yang mendaftarkan ke KPU. Selanjutnya kita akan lakukan verifikasi setelah berkas pendaftaraan kami terima," ucapnya.

(mbr/mbr)