Wakil Walkot Petahana Jadi Jagoan PDIP di Pilkada Kota Pekalongan

Robby Bernardi - detikNews
Rabu, 02 Sep 2020 18:25 WIB
Achmad Afzan Arslan Djunaid (Aap) dan Solahudin maju pilkada Kota Pekalongan lewat PDIP, Rabu (2/9/2020).
Foto: Achmad Afzan Arslan Djunaid (Aap) dan Solahudin maju Pilkada Kota Pekalongan lewat PDIP, Rabu (2/9/2020). (Robby Bernardi/detikcom)
Kota Pekalongan -

PDIP akhirnya memberikan rekomendasi kepada pasangan Achmad Afzan Arslan Djunaid (Aap) dan Solahudin di Pilwalkot Pekalongan. Saat namanya disebut oleh Ketua DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani, Aap sempat menangis haru.

"Ya, karena perjalanan yang sangat melelehkan, perjalanan penuh lika-liku dinamika luar biasa di saya. Alhamdulillah pada siang hari ini atas kepastian saya dan Pak Solahudin bisa maju calon wali kota dan wakil wali kota 2020," ujar Aap usai mengikuti acara video conference di kantor DPC PDIP Kota Pekalogan, Rabu (2/9/2020).

Aap merupakan Wakil Wali Kota Pekalongan yang baru dilantik pada April 2019. Posisi tersebut sempat kosong karena wakil walkot sebelumnya yakni M Saelany Macfudz menggantikan walkot Achmad Alf Arslan Djunaidi yang meninggal dunia pada September 2017.

Sedangkan sosok bakal calon Wakil Wali Kota Pekalongan pendamping Aap, yakni Solahudin, sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Pekalongan periode 2004-2009.

Pasangan ini mengklaim telah mengantongi dukungan dari empat partai politik yakni PDIP (5 kursi), PAN (3), PPP (4), Hanura (1).

"Ini sangat mengharukan sekali. Partai koalisi juga solid dan ini hasilnya (rekomendasi). Mudah-mudahan ini terbaik dan mudah-mudahan kita diberikan kemudian untuk Pekalongan yang lebih baik," katanya.

(sip/rih)