Unik! Pohon Kelapa Ini Bercabang 9, Katanya Pernah Mau Ditukar Mobil

ADVERTISEMENT

Unik! Pohon Kelapa Ini Bercabang 9, Katanya Pernah Mau Ditukar Mobil

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 28 Agu 2020 18:07 WIB
Pohon kelapa di Desa Keputran Kecamatan Kemalang bercabang sembilan, Klaten, Jumat (28/8/2020).
Foto: Pohon kelapa di Desa Keputran, Kecamatan Kemalang, Klaten bercabang sembilan, Jumat (28/8/2020). (Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Sebatang pohon kelapa di Dusun Kembang, Desa Keputran, Kecamatan Kemalang, Klaten memiliki keunikan. Pohon kelapa tersebut memiliki sembilan cabang dan tumbuh dengan baik.

"Kalau tidak salah cabangnya ada sembilan. Pohon yang menanam bapak, benih dikasih dari temannya," kata pemilik pohon kelapa bercabang sembilan, Muhaji Wirana (40), saat ditemui detikcom di rumahnya, Jumat (28/8/2020).

Pantauan detikcom, siang tadi, pohon kelapa itu berada di tepi jalan raya. Namun jika tidak dicermati tak terlihat.

Tingginya sekitar 15 meter dengan posisi miring ke jalan. Pohon tersebut di tengahnya bercabang dua, ke kanan dan ke kiri.

Dilihat dari arah selatan, cabang yang ke kanan bercabang dua. Cabang yang ke kiri bercabang tiga dan dari tiga cabang itu salah satunya bercabang lagi.

Pohon kelapa di Desa Keputran Kecamatan Kemalang bercabang sembilan, Klaten, Jumat (28/8/2020).Pohon kelapa di Desa Keputran Kecamatan Kemalang, Klaten, bercabang sembilan, Jumat (28/8/2020). (Achmad Syauqi/detikcom)

Muhaji menceritakan, benih dari pohon kelapa itu dibawa oleh ayahnya, Trigono dari daerah Sidowayah, Klaten Tengah. Sejak masih kecil, pohon tumbuh normal.

"Pohon tumbuh normal. Dulu di sekelilingnya banyak pohon jadi tidak diketahui kapan mulai bercabang ya tapi mungkin sudah sekitar 20 tahun," lanjut Muhaji.

Meskipun bercabang, sambung Muhaji, pohon kelapa itu berbuah normal. Pernah dipetik semua bijinya mencapai sekitar 30 butir.

"Dulu tak habisin dapat 30-an kelapa. Rasanya juga tidak berbeda dengan buah kelapa lainnya, bentuknya juga sama dan satu janjang bisa 6-7 buah," terang Muhaji.

Pohon kelapa itu, ucap Muhaji, sekarang jadi tontonan warga yang lewat di depan rumahnya. Karena sebelumnya tidak terlihat karena terhalang pohon lain.

Tonton juga 'Ketika Pohon Unik di Hutan Jadi Buruan Selfie':

[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT