Viral Kerumunan di Tentrem Mall Semarang, Satpol PP Turun Tangan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 24 Agu 2020 08:57 WIB
Kerumuman di Mall Tentrem Semarang
Kerumuman di Mall Tentrem Semarang, hari Minggu 23/8/2020. (Foto: Dok. Satpol PP Pemkot Semarang)
Semarang -

Sebuah video dan foto viral di media sosial memperlihatkan kepadatan Tentrem Mall di Semarang yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Satpol PP ternyata langsung turun tangan karena keramaian sudah sangat mengkhawatirkan.

Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan timnya datang hari Minggu (23/8/2020) kemarin ketika kerumunan antrian masuk mal masih terjadi. Pihaknya langsung memberikan peringatan.

"Mereka pakai masker tapi dua lainnya tidak dipenuhi, tidak jaga jarak dan menimbulkan kerumunan," kata Fajar saat dihubungi detikcom, Senin (24/8/2020).

Fajar menjelaskan timnya datang ke sana setelah viral video kepadatan di mall baru yang berada di Jalan Gajah Mada Semarang. Hal itu diakui karena memang keterbatasan anggota yang sudah menyebar ke tempat tempat lainnya.

"Keramaian ternyata sudah sejak Sabtu. Itu euforia karena ada mal baru ya. Ya saya minta pemilik dan pengelola mal tegas," jelasnya.

Dari video yang beredar keramaian sudah terjadi sejak pintu masuk. Para pengunjung berdempetan antre agar bisa masuk ke mall dengan daya tarik 'akuarium' dari LED raksasa di atap mal.

"Kita nanti akan ke sana untuk komunikasi dengan pihak manajemen," tegasnya.

Kerumuman di Mall Tentrem SemarangKerumuman di Mall Tentrem Semarang, hari Minggu 23/8/2020. (Foto: Dok. Satpol PP Pemkot Semarang)

Fajar menjelaskan ketika melihat keramaian tersebut pihaknya terjadi klaster penyebaran COVID-19 atau Corona baru, padahal Pemkot sudah berusaha menegakkan aturan-aturan. Kekhawatirannya bertambah karena pengalaman dirinya pernah positif corona.

"Saya itu pernah positif, saya tidak ingin warga makin bertambah (yang positif)," tandasnya.

Sementara itu pihak manajemen Tentrem Mall siang nanti akan memberikan keterangan terkait viral keramaian di sana.

"Nanti ada keterangan via zoom dengan media. Pak Irwan (Irwan Hidayat, pemilik Mall Tentrem) akan ikut bergabung," kata General Manajer Tentrem Mall & Suites, Gustaf Riandory.

Tonton juga video 'WHO Respons Video Kerumunan di Pesta Kolam Renang Wuhan':

[Gambas:Video 20detik]



(alg/mbr)