Pohon Pisang Unik di Klaten, Bertandan 4 dan Berjantung 5

Achmad Syauqi - detikNews
Sabtu, 22 Agu 2020 16:18 WIB
Pisang unik di Klaten, bertandan 4 dan berjantung 5
Pisang bertandan 4 dan berjantung 5. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Sebatang pohon pisang di Klaten memiliki empat tandan buah. Pohon pisang yang tumbuh di tepi jalan raya itu juga memiliki lima jantung pisang dan tumbuh normal.

"Tandan buahnya ada empat tapi jantung pisangnya ada lima. Tapi tangkainya hanya ada dua buah saja," tutur pemilik pohon pisang, Deli Kristian (56) saat ditemui detikcom di rumahnya Dusun Tegal Grudo, Kalurahan Mojayan, Klaten Tengah, Sabtu (22/8/2020).

Diceritakan Deli, awalnya satu dua tahun silam dirinya membeli satu batang bibit buah pisang Raja Putri di Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes. Pohon hanya sebatang ditanam di depan rumah tepi sungai.

"Saya tanam lalu berbuah satu tangkai dan satu tandan. Tapi jantung pisangnya ada dua atau bercabang tapi saat buah sudah tua dicolong orang padahal buahnya gede-gede," lanjut Deli.

Setelah buah dicuri, kata Deli, pohon induknya mati dan pohon anaknya mulai berbuah. Tak disangka ada dua tangkai, satu tangkai tandan bercabang tiga dan karena unik sudah ditawar mau dibeli.

"Anaknya pohon yang ini sudah diminta teman. Bahkan menentang harga berapapun akan dibeli tapi saya tidak jual karena uniknya," jelas Deli.

Deli mengungkapkan kemungkinan buah pohon pisangnya bercabang tandanya dan tangki lebih dari satu sebagai rezeki. Balasan atas buah sebelumnya yang dicuri.

"Yang dicolong cuma pisang satu tandan dengan dua jantung pisang. Tapi ini diganti Yang Maha Kuasa dengan empat tandan pisang dan lima jantung pisang di satu pohon," pungkas Deli.

Selanjutnya
Halaman
1 2