Kenakan APD, Puluhan Anggota TRC BPBD DIY Gelar Upacara HUT ke-75 RI

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 17 Agu 2020 12:26 WIB
Anggota TRC BPBD DIY Gelar Upacara HUT ke-75 RI memakai APD
Anggota TRC BPBD DIY Gelar Upacara HUT ke-75 RI memakai APD. (Foto: Pradito R Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Puluhan anggota tim reaksi cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaksanakan upacara bendera HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Dalam upacara itu semua peserta mengenakan alat pelindung diri (APD).

Pantauan detikcom, puluhan orang tampak berbaris rapi di area dekontaminasi BPBD DIY. Selanjutnya, puluhan orang yang mengenakan APD itu melaksanakan upacara bendera HUT ke-75 Kemerdekaan RI.

Memasuki momen pengibaran bendera, terdengar suara sirine yang mengiringi puluhan petugas melakukan penghormatan ke sang saka merah putih. Upacara yang terbilang unik berlangsung secara khidmat serta tidak terlalu lama.

Salah satu anggota TRC BPBD DIY, Widodo Saputro (45) menjelaskan, bahwa upacara bendera saat peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI sangatlah penting. Karena itu dia dan puluhan rekannya melaksanakan upacara.

"Karena momen 17an sangat penting untuk mengenang pahlawan-pahlawan yang telah gugur mendahului kita," katanya saat ditemui usai mengikuti jalannya upacara bendera di kompleks BPBD DIY, Jalan Kenari, Kecamatan Timoho, Kota Yogyakarta, Senin (17/8/2020).

Terkait atribut APD yang dikenakan, dia menyebut hal itu sebagai pengingat mana kala petugas TRS harus siap kapanpun dibutuhkan. Apalagi pandemi COVID-19 masih berlangsung hingga saat ini.

"Kita adalah petugas yang tiap hari menggunakan APD seperti ini, panas, haus sudah biasa lalu kita lakukan upacara di zona dekontaminasi," ucapnya.

"Istilahnya zona merah untuk mensterilkan para petugas yang telah bertugas di tempat-tempat beresiko seperti di rumah sakit, tempat-tempat penemuan dari penularan," imbuh Widodo.

Kendati merasa panas, dia dan rekan-rekannya bangga melaksanakan upacara di tengah kondisi pandemi COVID-19.

"Kita bangga sebagai bangsa negara Indonesia khususnya Yogyakarta, bisa melakukan upacara peringatan 17 Agustus," ucapnya.

Anggota TRC BPBD DIY Gelar Upacara HUT ke-75 RI memakai APDAnggota TRC BPBD DIY Gelar Upacara HUT ke-75 RI memakai APD (Foto: Pradito R Pertana/detikcom)

Dia juga berharap apa yang dilakukannya menjadi pelecut generasi muda untuk lebih nasionalis. Mengingat saat ini banyak generasi muda yang abai pada nasionalisme.

"Dengan ini (upacara HUT ke-75 RI) harapannya kita bisa memberikan semangat untuk rekan-rekan petugas, rekan-rekan yang terlibat (dalam penanganan COVID-19) agar tetap kuat, bersemangat, jangan pernah patah semangat dan pantang punah, kita menolak punah," katanya.


***
Rayakan kemerdekaan, tonton tayangan livestreaming Semangat Satu Indonesia di detik.com/semangatsatuindonesia

(mbr/mbr)