Rekor Baru di Pemalang! Tambah 36 Kasus Baru COVID-19 dalam Sehari

Robby Bernardi - detikNews
Minggu, 09 Agu 2020 16:47 WIB
Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Pemalang Tutuko Rahardjo
Foto: Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Pemalang Tutuko Rahardjo (Robby/Detikcom).
Pemalang -

Kabupaten Pemalang mencatat rekor kasus baru virus Corona (COVID-19) hari ini sebanyak 36 orang. Mayoritas kasus baru COVID-19 ini merupakan orang tanpa gejala (OTG).

"Yak sementara ini tertinggi tambahannya. Ada 36 warga terkonfirmasi COVID-19. Semua merupakan orang tanpa gejala," kata juru bicara penanganan COVID-19 Kabupaten Pemalang Tutuko Rahardjo dalam siaran persnya Minggu (9/8/2020).

Tutuko menjelaskan kasus itu ditemukan dari tracing di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Pemalang. Tutuko menyebut pasien COVID-19 ini sudah menjalani karantina mandiri.

"Kasus baru tersebut juga ditemukan pada beberapa perkantoran pemerintah daerah. Pada umumnya mereka semua adalah orang tanpa gejala, sehingga secara umum kondisi mereka stabil dan tidak ditemukan gejala klinis yang mengganggu. Saat ini mereka menjalani isolasi dan karantina mandiri," terang Tutuko.

Dengan penambahan 36 pasien COVID-19 ini, total ada 149 kasus positif COVID-19 di Pemalang. Rinciannya 61 orang di antaranya sembuh, 77 masih dalam perawatan dan pemantauan serta 11 orang meninggal dunia. Salah satu kasus baru di Pemalang itu diketahui positif setelah meninggal dunia yakni W perempuan berusia 38 tahun.

"Berkaitan dengan meningkatnya jumlah kasus, ketua gugus tugas (Bupati Pemalang) memberikan arahan kepada jajaran gugus tugas untuk meningkatkan kegiatan pendisiplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan terutama pada saat melakukan aktifitas di luar rumah," jelas Tutuko.

Dia mengatakan pihaknya makin gencar melakukan rapid test maupun swab massal. Penambahan kasus baru ini pun didapat dari tracing warga yang reaktif saat rapid test.

"Kita telah melakukan tracking dengan maksimal selama dua pekan terakhir ini. Untuk uji tes, sampai dengan Sabtu (8/8) telah dilakukan rapid tes lebih dari 4.200 dan swab lebih dari 1.300," katanya.

Tonton video 'Hasil Tracking, Kemenkes Catat 802 Klaster Corona di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2