7 Tips Menghadapi Sidang Skripsi Online di Era Pandemi

Kristina - detikNews
Sabtu, 08 Agu 2020 13:38 WIB
Pandemi, Skripsi, dan Alternatif
Foto: ilustrasi (detik)
Yogyakarta -

Pandemi COVID-19 mengubah cara beraktivitas yang semula tatap muka menjadi serba online, termasuk dalam bidang pendidikan seperti ujian Tugas Akhir atau sidang skripsi. Agar pelaksanaan sidang online berjalan dengan lancar tentu ada banyak hal yang perlu disiapkan. Apa saja?

Tugas Akhir atau skripsi merupakan sebagian persyaratan guna memperoleh gelar akademik dalam jenjang perkuliahan. Dalam mempertanggungjawabkan penelitian yang dilakukan, mahasiswa diminta mempresentasikan hasil penelitian di hadapan dosen penguji atau yang biasa disebut sidang skripsi.

Belakangan ini, ramai beredar cerita seputar sidang skripsi online baik dari para mahasiswa maupun dosen. Tak sedikit pula kendala yang dihadapi saat sidang berlangsung.

Seperti yang dikatakan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM), Erwan Agus Purwanto, kendala umum yang seringkali terjadi ketika sidang online adalah listrik dan koneksi internet.

"Kalau dalam online ini kendala yang paling ditakuti itu yang pertama mati listrik ya, kalau mati listrik kita nggak siap baterai otomatis ya tamatlah kita nggak bisa melanjutkan acara itu pasti itu repot sekali," kata Erwan saat dihubungi detikcom melalui telepon, Jumat (7/8/2020).

Modem wifi portable kemudian menjadi alternatif yang dapat membantu mengatasi masalah koneksi internet yang tiba-tiba terputus.

"Jangan sampai begitu wifi-nya atau listriknya di rumah mati, nah repot kalau kita nggak punya modem wifi portabel. Kalau ada modem ya tinggal dinyalakan kita connect selamatlah kita bisa melanjutkan ujiannya," ujar Erwan.

Terlepas dari itu, ada banyak hal yang dapat dilakukan dalam menghadapi sidang skripsi berbasis online ini. Erwan membagikan tujuh tips jitu kepada para mahasiswa.

Simak tips berikut:

Selanjutnya
Halaman
1 2