Ganjar Kenang Prof Cornelis Lay, Guru yang Mendorongnya Berpolitik

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Rabu, 05 Agu 2020 18:28 WIB
Ganjar Pranowo di rumah duka Cornelis Lay, Sleman, Rabu (5/8/2020).
Foto: Ganjar Pranowo di rumah duka Cornelis Lay, Sleman, Rabu (5/8/2020). (Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Sleman -

Guru Besar bidang Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Cornelis Lay, yang wafat pagi tadi meninggalkan kesan mendalam bagi banyak tokoh nasional. Salah satu di antaranya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ganjar turut melayat ke rumah duka Perum Cemara Blok F-13 Krodan RT 13 RW 71, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Ganjar dan rombongan tiba di rumah duka sekitar pukul 14.30 WIB dan pulang sekitar pukul 16.30 WIB.

"Mas Cornelis ini sosok yang selalu memberikan semangat kepada anak-anak muda, kebetulan saya mengikuti mulai baca skripsinya, tesisnya sampai disertasinya saya baca semuanya. Pada saat pengukuhan guru besar saya juga hadir," kata Ganjar saat ditemui usai melayat, Rabu (5/8/2020).

Cornelis Lay, lanjut Ganjar, merupakan sosok yang selalu memberikan semangat bagi anak muda. Sosoknya selalu memberikan inspirasi bagi anak muda. Khususnya yang ingin terjun ke dunia politik.

"Selalu memberikan inspirasi, bagaimana seorang pemimpin nasionalis dari teman-teman GMNI yang menjadi intelektual itu menjadikan semangat, kalau di GMNI ya itulah pemikirnya yang punya daya intelektual tinggi dan bergelar profesor yang peduli sama adik-adiknya," bebernya.

Ganjar merasa ada kesan mendalam dengan Cornelis Lay. Dia mengenang saat itu tiba-tiba ditelepon oleh seseorang dan diminta gabung dalam Badan Diklat Partai PDIP. Ternyata, orang yang menelepon itu adalah Cornelis Lay.

Tonton video 'Ketua DPRD Jepara Meninggal Dunia Terinfeksi Corona':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2